Danny Pomanto Optimis PAD Makassar di Tahun 2024 Naik jadi Rp2 Triliun 

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto optimis Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar tahun 2024 mencapai Rp2 triliun. 

Sebab, kata Danny Pomanto, sapaan akrabnya, mengatakan hal itu dilihat dari capaian PAD di tahun 2023 yakni Rp1,5 triliun. Di mana, terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya sekitar Rp1,3 triliun. 

Danny mengaku capaian tersebut sangat membanggakan karena terjadi peningkatan sekitar Rp200 milyar dalam kurun waktu setahun. 

"Itu tidak gampang kurun satu tahun," ucap Danny Pomanto, Rabu (31/1). 

Padahal, kata dia, biasanya di kota-kota maju lainnya hanya terjadi peningkatan PAD dalam setahun hanya sekitar Rp100 milyar. 

"Di tempat lain, di kota-kota maju naiknya hanya 100 Miliar. Kita loncat, maka dari itu saya prediksikan di tahun 2024 ini naik mendekati Rp2 triliun," terang Danny. 

Untuk mewujudkan target tersebut, Danny  menginstruksikan kepada seluruh SKPD dan jajarannya agar mengoptimalkan serapan anggaran.

"Eksplorasinya itu item pajak kan sama, bagaimana mengurangi kebocoran dan mengekfektifkan pemungutan," ujar Danny. 

Diketahui, PAD Makassar di tahun 2023 mencapai Rp1,5 triliun. Capaian tersebut memecahkan rekor tertinggi dalam sejarah Pemerintahan Kota Makassar. 

Keberhasilan ini didorong oleh inovasi dan sistem yang diterapkan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar.

Salah satunya melalui inovasi PAKINTA (Pajak Terintegrasi dan Terdigitalisasi). Bahkan, Pakinta meraih penghargaan sebagai Juara Championship Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) 2023 sebagai salah satu aplikasi terbaik di tingkat nasional.

Tak hanya itu, Bapenda Makassar juga turut ambil bagian dalam Innovative Government Award 2023, di mana Kota Makassar berhasil meraih gelar juara IGA 2023. 

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mengungkapkan pencapaian luar biasa yang diraih oleh Pemkot Makassar ini terjadi di bawah kepemimpinan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

“Tahun 2023 ini akan tercatat sebagai sejarah. Kita berhasil meraih PAD Rp 1,5 Triliun. Ini tertinggi sepanjang sejarah Pemkot Makassar dan terjadi di masa kepemimpinan Pak Wali, Danny Pomanto,” ucap Firman, beberapa waktu lalu. (Shasa/B)

  • Bagikan