IPI: Posisi Petahana Masih Aman di Dapil Sulsel 9

  • Bagikan
Direktur Eksekutif Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir. (dok)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Hampir semua kandidat petahana kembali ikut bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) 9 DPRD Sulsel, dan mereka masih diprediksi aman.

Para petahana yang lolos pada Pemilu 2019 dan kembali bertarung antara lain Rusdi Tabi (Gerindra), Syaharuddin Alrif (NasDem), Azhar Arsyad (PKB), Zulkifli Zain (Golkar), dan Andi Azizah Irma Wahyudiati yang kini maju melalui NasDem.

“Azhar Arsyad (PKB) dan Zulkifli Zain (Golkar) berpotensi besar untuk kembali menduduki kursi mewakili partainya masing-masing. Sementara itu, Gerindra baru aman satu kursi yang diperebutkan oleh Rusdin Tabi dan Dr. Syamsul Bahri,” kata Direktur PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir.

Sementara itu, NasDem, Suwadi melihat bahwa bergabungnya putri bupati Pinrang, Andi Azizah Irma, yang sebelumnya berada di Demokrat, memiliki potensi besar untuk merebut dua kursi. “Nasdem hampir pasti akan mengamankan 2 kursi, yaitu Syaharuddin Alrif dan A. Azizah Irma yang berada di posisi teratas, bahkan Nasdem berpotensi menuju 3 kursi,” ujarnya.

Adapun Pengganti Antar Waktu (PAW) Andi Azizah Irma di DPRD Sulsel, yakni Ian Latanro, menurut Suwadi, meskipun dianggap sebagai petahana, namun di internal Demokrat, Ian harus bersaing dengan Hasri. Bahkan memiliki potensi untuk disalip. “Di internal Demokrat, Hasri lebih gencar melakukan sosialisasi,” jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan