Revitalisasi Lapangan Karebosi Dimulai, Tahap Awal Bangun Floating Jogging Track Gunakan Teknologi HSPD

  • Bagikan
Pemasangan tiang pancang pada Ground Breaking Revitalisasi Lapangan Karebosi, Jalan Kartini, Kota Makassar, Senin (5/2).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Revitalisasi Lapangan Karebosi resmi dikerjakan, mulai tanggal 5 Februari 2024.

Pengerjaan ini ditandai dengan Ground Breaking atau peletakan batu pertama oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Revitalisasi Lapangan Karebosi ini ditargetkan akan rampung pada 14 Desember 2024 mendatang. Dengan masa pengerjaan selama kurang lebih satu tahun.

Adapun pihak yang dipilih oleh Pemerintah Kota Makassar sebagai pelaksana proyek revitalisasi Lapangan Karebosi ini yakni dari PT Arkindo.

Pelaksana proyek PT Arkindo, Gigih Tohar Pribadi Tri Anindito Putro mengatakan pengerjaan revitalisasi Lapangan Karebosi ini menggunakan teknologi Hydrolic Static Pile Drive (HSPD).

HSPD merupakan teknologi yang tahan terhadap getaran. Di mana, teknologi ini digunakan pada pemasangan tiang pancang dengan cara di bor.

Agar, warga disekitar lokasi revitalisasi Lapangan Karebosi ini tidak merasakan getaran yang dapat menganggu aktivitas mereka.

"Kemampuannya sampai 120 ton, diarahkan tidak ada getaran lagi. Warga sekitar tidak akan terganggu dengan getarannya," jelas Gigih, saat ditemui usai Ground Breaking Revitalisasi Lapangan Karebosi, di Jalan Kartini, Kota Makassar, Senin (5/2).

Maka dari itu, Gigih mengatakan pada tahp awal pengerjaan revitalisasi Lapangan Karebosi ini yaitu membangun floating jogging track.

Floating Jogging Track ini, kata Gigih, akan dibangun dengan desain berbentuk angka delapan setinggi enam meter.

Selain itu, Gigih menjelaskan pada pelaksanaan proyek revitalisasi ini akan dilakukan penebangan pohon disekitar lapangan Karebosi yang berjumlah 10 pohon.

Meski begitu, Ia mengaku penebangan tersebut tidak akan berdampak besar pada Ruang Terbuka Hijau di Lapangan Karebosi.

"Ada yang berdampak (pohon di Karebosi). Dalam artian kita pangkas untuk melaksanakan kegiatan pembangunan. Kita coba meminimalisir untuk pemotongan," jelas Gigih.

Sementara itu, Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar, Andi Engka mengatakan revitalisasi Lapangan Karebosi menggunakan anggaran dari APBD 2024 sebesar Rp63, 5milyar.

"Masuk di APBD Kota Makassar 2024,” terang Andi Engka. (Shasa/B)

  • Bagikan