Buka Lelang Jabatan di 7 OPD Pemkot, Danny Cari yang Loyal, Profesional, dan Netral

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Pengelola Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kota Makassar telah membuka Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) sejak tanggal 2 Februari 2024.

Seleksi terbuka ini dilakukan untuk mengisi tujuh jabatan yang kosong di lingkup Pemerintah Kota Makassar, yaitu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Perpustakaan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menginginkan individu yang mengisi jabatan-jabatan tersebut memiliki dedikasi yang besar untuk menjalankan visi misi Pemerintah Kota Makassar.

"Harapan kita mendapatkan orang yang benar-benar berdedikasi," ujar Danny Pomanto, sapaan akrabnya, pada Selasa (6/2).

Terutama, kata Danny, menjelang akhir masa jabatannya sebagai Wali Kota Makassar, ia ingin meninggalkan warisan yang baik kepada masyarakat Kota Makassar.

"Di penghujung masa jabatan saya ini, saya ingin menjadi legacy yang optimal dan puncak dari semua program kami yang akan kami sampaikan kepada masyarakat," jelas Danny.

Oleh karena itu, Danny menyebut beberapa kriteria yang harus dipenuhi, yaitu loyal, profesional, dan tidak memiliki kepentingan apapun (conflict of interest).

"Kadang-kadang penyakitnya di Pemerintah Kota adalah begitu seseorang mendapat jabatan, mereka lupa dengan tugas-tugasnya," ucap Danny.

Diketahui, pendaftaran seleksi terbuka JPTP ini dapat dilakukan melalui website www.bkpsdm.makassar.go.id mulai dari hari ini, tanggal 2 hingga 16 Februari 2024.

Kepala BPKSDM Kota Makassar, Akhmad Namsun, mengatakan bahwa seleksi lelang JPT ini terbuka luas bagi siapa saja yang memenuhi syarat untuk mengikuti.

"Izin dari KASN sudah kami terima. Lelang jabatan ini dibuka secara umum, memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh aparatur yang memenuhi syarat untuk bersaing dan membuktikan kompetensi dan profesionalisme mereka terhadap jabatan yang ditawarkan dengan pengawasan yang sama," ungkap Namsun, sapaan akrabnya, beberapa waktu lalu.

Namsun optimis bahwa seleksi ini akan menarik minat banyak peminat karena kesempatan ini terbuka bagi semua ASN.

"Apalagi, pansel dari Pemkot Makassar memberikan peluang yang sama kepada pejabat yang memenuhi syarat untuk meningkatkan posisi sesuai dengan kompetensi dan profesionalisme mereka," tambahnya.

"Kami sangat yakin bahwa seleksi ini akan menarik minat yang besar," tambah Namsun.

Selain itu, pansel seleksi terdiri dari lima orang yang terbagi atas dua orang dari internal Pemkot Makassar, yaitu Pj Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, dan BPKSDM Makassar.

Sedangkan, tiga orang lainnya berasal dari eksternal seperti akademisi, yaitu Prof. Aminuddin Ilmar, Prof. Dr. Nur Bahri, dan Kepala Pusat LAN Makassar, Andi Muh Taufik.

Jadwal tahapan seleksi mencakup pengumuman seleksi dan penerimaan berkas pada tanggal 2 hingga 16 Februari 2024. Selanjutnya, seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak akan dilakukan pada tanggal 17 Februari, dengan pengumuman hasilnya pada tanggal 20 Februari 2024.

Tahapan penilaian kompetensi (assesment center) dan penulisan makalah akan dilakukan pada tanggal 21-24 Februari, dengan pengumuman hasilnya pada tanggal 29 Februari. Kemudian, tahapan wawancara kompetensi akan dilaksanakan pada tanggal 1-2 Maret, dengan pengumuman hasilnya pada tanggal 6 Maret.

Rapat penentuan hasil akan dilakukan pada tanggal 8 Maret, dan pengumuman hasil tiga terbaik akan dilakukan pada tanggal 9 Maret 2024. (Shasa/B)

  • Bagikan