Quick Count SSI: Pendatang Baru Posisi Teratas Calon Senator Sulsel

  • Bagikan
Script Survey Indonesia (SSI) merilis hasil hitung cepat (QC) tingkat keterpilihan calon senator DPD RI Dapil Sulawesi Selatan (Sulsel).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL — Script Survey Indonesia (SSI) merilis hasil hitung cepat (QC) tingkat keterpilihan calon senator DPD RI Dapil Sulawesi Selatan (Sulsel).

Menurut SSI, lima figur berada di posisi teratas yang berpotensi mendapat 4 kursi sesuai kuota DPD RI asal Sulsel.

"Hasil Quick Count SSI untuk DPD RI asal Sulsel menunjukkan bahwa beberapa nama, termasuk dua penantang petahana, masuk ke dalam 4 besar. Ini sesuai dengan hasil Quick Count," ungkap Direktur Script Survey Indonesia (SSI) Yuhardin pada Selasa (20/2/2024) kepada wartawan Rakyat Sulsel.

Hasil QC SSI menempatkan pendatang baru, Andi Abdul Waris Halid, dengan dukungan 10,83 persen penduduk Sulsel, dan Al Hidayat Samsu dengan 10,17 persen, di posisi teratas. Sementara itu, petahana Tamsil Linrung dan Andi Muh Ihsan masing-masing mendapat dukungan sebesar 9,09 persen dan 7,85 persen dari penduduk Sulsel.

Menurut Yuhardin, hasil temuan lapangan SSI menggunakan metode Multi Stage Random Sampling memprediksi empat orang teratas yang bakal duduk di kursi Senayan sebagai anggota DPD RI Sulsel.

"Quick count Pemilu 2024 Sulsel menggunakan metode Multi Stage Random Sampling, dengan jumlah sampel 400 TPS, Margin Error +- 1%, dan tingkat kepercayaan 95%," tambahnya.

Namun, ia juga menegaskan bahwa hasil quick count tidak bersifat resmi dan hanya gambaran. Hasil resmi tetap menunggu rekapitulasi dari KPU. Data SSI tersebut jika disandingkan dengan hasil rekapitulasi KPU juga masuk ke dalam info resmi pemilu 2024.

Diketahui, pemilihan calon senator DPD RI meliputi 24 daerah di Sulsel dengan memperebutkan 4 kursi. KPU RI menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Sulsel Tahun 2024 berjumlah 6.670.582 pemilih, terdiri dari 3.425.956 perempuan dan 3.244.626 laki-laki. (Yadi/B)

  • Bagikan