Rahasia Cegah HPV dengan Mudah: Tips Dokter Anindhita

  • Bagikan
Ilustrasi Human Papillomavirus (HPV)

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Dokter Anindhita Sp.OG(K)-Onk dari RS Persahabatan Jakarta memberikan informasi tentang pencegahan virus HPV.

Menurutnya, pencegahan dapat dilakukan melalui tiga cara utama, yaitu pencegahan primer, pencegahan sekunder, dan gaya hidup.

"Ada pencegahan primer ya, jadi kita mencegah si virus ini masuk ya jadi dengan pemberian vaksin. Vaksinnya saat ini sudah ada, dulu ada vaksin yang proteksi terhadap empat jenis HPV, kemudian sekarang sudah ada yang terbaru ini, yang proteksi terhadap 9," ujar dia dalam “Cegah Kanker Serviks dengan Vaksinasi HPV” yang disiarkan Kementerian Kesehatan di Jakarta, Selasa, dikutip dari ANTARA.

Pencegahan primer dilakukan dengan memberikan vaksin HPV, yang kini meliputi proteksi terhadap 9 jenis virus. Vaksin dapat diberikan sejak usia 9 tahun, dengan dosis dua kali setahun untuk anak-anak di bawah 13 tahun, dan tiga kali dengan rentang waktu lebih singkat untuk yang berusia di atas 13 tahun.

Dokter Anindhita menyarankan agar vaksinasi dilakukan sesegera mungkin, dan di Indonesia, vaksin diberikan kepada siswi kelas 5 dan 6 SD atau yang berusia 13 tahun.

Selain pencegahan primer, terdapat juga pencegahan sekunder melalui deteksi dini menggunakan metode seperti pap smear dan pemeriksaan HPV DNA. Deteksi ini disarankan setahun sekali bagi mereka yang aktif secara seksual, seperti yang sudah menikah, atau setiap tiga tahun jika hasil pemeriksaan menunjukkan kondisi yang baik.

Dokter Anindhita juga mencatat kelompok orang yang rentan terkena kanker serviks, seperti perempuan yang berhubungan seksual di usia muda atau memiliki banyak pasangan, serta perokok.

Bagi mereka yang aktif secara seksual, disarankan untuk melakukan skrining dan menjaga kebersihan tubuh, dengan mencuci organ genital hanya dengan air tanpa sabun atau obat.

Selain itu, dia menyarankan untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi rokok, karena rokok dapat memengaruhi kesehatan serviks. Gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi seimbang juga ditekankan sebagai langkah pencegahan kanker serviks. (fjr/raksul)

  • Bagikan