Caleg PKB DPRD Gowa Soroti Kinerja PPK

  • Bagikan
Logo Partai PKB

GOWA, RAKYATSULSEL - Calon anggota legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Zubair Daeng Sijaya mengaku kecewa dengan hasil rekapitulasi yang dilakulan Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK) Kecamatam Pallangga lantaran bekerja tidak profesional dan tidak transparan.

Banyak hal yang dipertanyakan pengurus partai, caleg, hingga saksi lantaran tidak sistimatisnya agenda yang dilakukan oleh PPK. Akibatnya banyak data suara yang hilang dan bergeser ke partai dan caleg lain.

Selain itu, PPK mengeluarkan D Hasil sebelum pleno penetapan. Ini juga merupakan sebuah pelanggaran. Berdasarkan data Sirekap, suara Daeng Sijaya mencapai 5.431 suara, namun yang dimasukkan oleh PPK hanya 4.357. Artinya ada kehilangan 1.074 suara. "Olehnya itu saya akan tetap persoalkan pada rekap di KPU nanti," ujar Sijaya, Minggu (3/3/2024).

Sedangkan, Ketua LSM Perak Muh Taufan Dg Siama menambahkan bila hasil pemantauannya menemukan banyak kejanggalan, seperti mengundang caleg dan saksi partai untuk menghadiri pleno, namun hanya untuk menyandingkan data C1 bukan menerbitkan D Hasil Sirekap.

"Itulah salah satu alasan PPK Pallangga enggan membuka peti untuk melihat C1 plano," ujar Siama yang lembanganya juga tercatat sebagai institusi pemantau pemilu yang resmi.

Terpisah, komisioner Bawaslu Gowa Juwanto Amol memberi tanggapan via WhatsApp bahwa ada tiga data yang disandingkan yakni Exel PPK, Exel Bawaslu dan Sirekap.

"Bahkan kami juga belum dapat hasil rekap ke saksi. Semalam saksi Bawaslu kesana ada data disebar kepada saksi, tapi belum dapat dipastikan data apa itu. Kami akan komfirmasi kembali," singkat Juwanto. (Yadi/B)

  • Bagikan