PKS Klaim Kunci Enam Unsur Pimpinan DPRD di Sulsel

  • Bagikan
Logo PKS

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Proses rekapitulasi berjenjang di tingkat kabupaten dan kota di Sulsel menjadi catatan tersendiri bagi saksi dan pengurus partai di tingkat Provinsi.

Salah satunya adalah Partai Keadilan Sejahtera. Partai besutan Ahmad Syaikhu itu juga melejit di Sulsel pada Pileg 2024 ini. Mereka setidaknya telah mengunci enam unsur pimpinan DPRD di kabupaten/kota.

Ketua Bappilu DPW PKS Sulsel, Arfianto mengatakan partainya memperoleh tujuh kursi di DPRD Kabupaten Bulukumba. "Hasil kami dapat 7 kursi di Bulukumba. Jadi, sudah fix PKS ketua DPRD," ujarnya, Selasa (5/3/2024).

Tentu saja, ini prestasi. Karena paling mengejutkan ialah Bulukumba. PKS sudah mengunci posisi Ketua DPRD Bulukumba menggeser PPP yang mendudukinya sejak Pileg 2019.

Selain Bulukumba, PKS Sulsel juga hampir pasti mengunci unsur pimpinan di lima kabupaten/kota. Mulai dari Kota Makassar, Bantaeng, Sidrap, Bone dan Kepulauan Selayar.

"Jadi, selain Bulukumba. Tentu saja ada beberapa daerah potensi kita PKS dapat unsur pimpinan," jelasnya.

Di Kota Makassar, PKS mengklaim meraih kursi wakil ketua. Saat ini, PKS Kota Makassar masuk radar kursi pimpinan DPRD Kota Makassar 2024/2029. Partai yang dipimpin Ahmad Syaikhu ini mencatatkan rekor baru jika berhasil menduduki kursi pimpinan di DPRD Makassar.

Enam kursi sudah pasti disabet PKS Makassar pada pertarungan pileg ini. Masing-masing 1 kursi di Dapil I, satu kursi di Dapil III, dan dua kursi di Dapil IV dan V.

"Makassar unsur pimpinan, kita enam kursi PKS. Kita mengejar kursi ke tujuh. Kemudian kita masih menunggu Bone. Kalau kita bisa dapat Dapil 4 Bone, kita pimpinan juga," tuturnya.

Di Selayar, PKS mampu menggeser Gerindra di unsur pimpinan DPRD. PKS memperoleh 4 kursi dari sebelumnya 2 kursi. Sementara Gerindra dari 3 kursi menjadi 1 kursi di Pileg 2024.

Anto sendiri maju di Dapil 5 Kepulauan Selayar meliputi Bontoharu dan Bontosikuyu. Anto meraih kursi ke-5 dari enam kursi di Dapil tersebut.

"Kemungkinan PAN yang dapat wakil ketua 1, baru PKS. Karena kursi PKS dan PAN sama-sama 4, hanya kami kalah suara," jelas mantan Ketua DPD PKS Kepulauan Selayar ini.

Sedangkan, Anwar Faruq, Ketua DPD PKS kota Makassar mengatakan, jika merujuk dari perhitungan internal PKS, maka peluang meraih 6 kursi dan dua kursi di Dapil Makassar IV dan Makassa V. "Ya peluangnya besar untuk PKS dapat dua kursi di dapil itu," katanya. (Yadi/B)

  • Bagikan