Pemilihan Bupati Gowa 2024: Menakar Pengaruh Dukungan Politik dan Kepentingan Kelompok 

  • Bagikan

Oleh: Nursalam Mone SM
Penggiat Pemilu

GOWA, RAKYATSULSEL - Pemilihan Bupati merupakan moment penting dalam demokrasi lokal di Indonesia. Pemilihan Bupati Gowa 2024 menjadi salah satu sorotan utama di tengah dinamika politik lokal yang berkembang.

Dalam menilai dinamika kontestasi politik di Pilbup Gowa 2024,  penting menyoroti pengaruh faktor dukungan politik dan kepentingan kelompok yang mempengaruhi arah dan hasil pemilihan.

Dukungan politik dari partai politik merupakan modal penting bagi setiap kandidat calon bupati. Partai politik memiliki jaringan, sumber daya, dan basis massa yang dapat membantu memenangkan kampanye pemilihan.     

Dukungan ini juga memberikan legitimasi kepada kandidat di mata publik. Namun, dukungan partai politik seringkali juga membawa dampak politik, di mana kandidat terkadang harus mempertimbangkan kepentingan partai politik dalam pengambilan keputusan.

Selain dari partai politik, kandidat calon bupati juga membutuhkan dukungan dari kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat

Dimana ini bisa berupa dukungan dari tokoh-tokoh politik lokal, pengusaha, elit masyarakat, organisasi masyarakat sipil, atau kelompok kepentingan khusus lainnya. 

  • Bagikan