Gebyar Literasi Ramadan BI Hadirkan Wartawan Senior Jadi Pemateri 

  • Bagikan
Penyerahan Plakat dari Bank Indonesia kepada pemateri

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan menggelar Gebyar Literasi Ramadan 2024 dengan menghadirkan Wartawan Senior, Andi Suruji sebagai pembicara Rabu (20/3/2024)

Mengusung tema "Membangkitkan Semangat Berliterasi di Bulan suci Ramadan," kegiatan yang berlangsung di Kantor Perwakilan Bank Indonesia ini dirangkaikan dengan buka puasa bersama.

Kepala Perwakilan BI Sulsel, Rizki Ernadi Wimanda menjelaskan, kegiatan ini digagas untuk meningkatkan literasi di bulan Ramadan juga untuk memperkenalkan Perpustakaan Lontara milik Bank Indonesia.

"Kami juga memperkenalkan perpustakaan kami bernama Lontara yang terletak di lantai satu, perpustakaan ini memiliki beragam koleksi buku," ucapnya saat memberi sambutan dalam kegiatan Gebyar Literasi Ramadan 2024.

Rizki melanjutkan, masyarakat Sulsel patut menggiatkan literasi sebab sejak zaman dahulu Sulsel telah memiliki Lagaligo yang diakui UNESCO.

"Karya sastra sejak dulu telah dimiliki Sulsel yang ditulis sejak ratusan tahun lalu dan menjadi karya sastra terpanjang yang diakui dunia. Ini menandakan Sulsel bisa dikenal sebagai  penggiat literasi dunia," tambahnya.

Sementara Andi Suruji dalam materinya banyak menceritakan tentang pengalamannya sebagai jurnalis, bagaimana seseorang memulai untuk menulis atau bahkan bagaimana tulisan mempengaruhi sudut pandang pembaca.

"Penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Usahakan dalam tulisan selalu ada hal baru sebagai proses  atau buah dari  pemikiran tersebut," pungkasnya. (Hikmah/B)

  • Bagikan