Kakanwil Kemenkumham Sulsel Terima Kunjungan Kakanwil NTT Bahas Pentingnya Kolektif Kolegial dalam Organisasi

  • Bagikan
Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak saat menerima kunjungan Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak saat menerima kunjungan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur (Kanwil Kemenkumham NTT), Marciana D. Jone, di Ruang Rapat Pimpinan, Selasa (2/4) membahas terkait pentingnya Kolektif Kolegial dalam sebuah organisasi.

"Kolektif kolegial kami terapkan di Kanwil Kemenkumham Sulsel yang melibatkan semua pihak yang berkepentingan dalam mengeluarkan keputusan atau kebijakan melalui mekanisme yang ditempuh, musyawarah untuk mencapai mufakat dengan mengedepankan semangat keberasamaan," Ungkap Kakanwil Sulsel, Liberti Sitinjak.

Menurut Liberti, Konsep Kolektif kolegial yang diterapkan di Sulsel adalah kerja bersama-sama dan tidak ada Pimpinan Tinggi atau Kepala Divisi yang hanya menguasai satu divisi saja melaikan menguasai semua divisi yang terdiri dari Divisi Administrasi, Pemasyarakatan, Keimigrasian dan Pelayanan Hukum dan HAM.

"Para kepala divisi wajib bekerjasama sama dan menguasasi Tusi divisi lainnya agar dalam melaksanakan tugas tidak menimbulkan diskriminasi dan melatih integritas seorang pimpinan. Kadiv adalah sebagai wakil kepala kantor wilayah sehingga tidak boleh ada ego sektoral diantara mereka," Ujar Liberti.

Pada kesempatan ini, Kakanwil Sulsel bersama Kakanwil NTT juga membahas terkait pelaksanaan Tugas dan Fungsi (Tusi) Keimigrasian.

"Pelaksanaan Tugas dan Fungsi (Tusi) keimigrasian dibawah kendali Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulsel berjalan dengan baik," Ungkap Kepala Kantor Wilayah, Liberti Sitinjak.

Menurutnya, pelaksanaan tugas keimigrasian di Sulsel dilaksanakan dengan kerjasama yang baik antara Divisi dan dilaksanakan secara kolekftif kolegial.

Kakanwil NTT, Marciana D. Jone menyampaikan terima kasih atas penyambutan yang luar biasa oleh Kakanwil Sulsel bersama para Kepala Divisi.

"Terima kasih atas penyambutannya dan kehadiran kami di Sulsel untuk melakukan studi tiru dan belajar atau sharing knowladge terkait pelaksanaan Tusi Kemenkumham di wilayah khususnya terkait keimigrasian," Ungkap Marciana.

Pertemuan yang digelar di Ruang Rapat Pimpinan Kanwil Sulsel ini turut dihadiri oleh Para Kepala Divisi Kanwil Sulsel, Kepala Divisi Keimigrasian bersama Jajaran Kepala UPT Kemigrasian Kanwil NTT. (***)

  • Bagikan