Timnas Indonesia Melaju ke Babak 8 Besar Piala Asia U-23 2024

  • Bagikan

RAKYATSULSEL - Timnas Indonesia berhasil mencapai prestasi yang luar biasa di Piala Asia U-23 2024. Dengan kemenangan telak 4-1 atas Yordania, skuad Garuda Muda telah mengamankan tempat mereka di babak 8 besar turnamen ini. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Minggu, 21 April 2024, ini menandai akhir dari perjalanan mereka di Grup A.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23 2024. Laga kontra Yordania kemarin merupakan partai terakhir yang dilakoni tim besutan Shin Tae-yong di Grup A Piala Asia U-23 2024.

Skuad Garuda Muda lolos ke babak selanjutnya dengan status runner up Grup A, setelah mengoleksi 6 poin dari dua kemenangan. Mereka akan bertemu dengan juara Grup B, antara Jepang atau Korea Selatan, yang akan bertanding hari ini.

Di pertandingan terakhir melawan Yordania, Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke babak selanjutnya. Namun, mereka tidak hanya bermain imbang, melainkan meraih kemenangan besar. Gol pembuka dicetak oleh Marselino Ferdinan pada menit ke-23 melalui titik putih. Pinalti tersebut diberikan oleh wasit asal Kuwait, Ammar Ashkanani setelah pemain Yordania melanggar Rafael Struick di dalam kotak terlarang.

Indonesia kembali menambah keunggulan di menit ke-30, lewat gol yang dicetak oleh Witan Sulaeman. Witan melepaskan sepakan melengkung yang tidak bisa dijangkau oleh kiper Yordania, Ahmad Juaidi.

Memasuki babak kedua, anak asuh Shin Tae-yong tidak sedikit pun mengendurkan serangan meski sudah unggul dua gol. Skuad Garuda Muda terlihat berupaya untuk menambah keunggulan di babak kedua. Usaha mereka berbuah manis pada menit ke-70, lewat gol kedua yang dicetak Marselino Ferdinan. Brace Marcelo Ferdinan tersebut membawa Garuda Muda memperlebar keunggulan menjadi 3-0.

Yordania sempat memperkecil ketertinggalan pada menit 79. Yordania berhasil mengejar skor Indonesia berkat gol bunuh diri dari Justin Hubner. Namun, Indonesia berhasil mengunci kemenangan dengan skor 4-1 berkat gol dari Komang Teguh, pada menit 86.

Skor untuk keunggulan Indonesia pun bertahan hingga wasit Ammar Askanani meniup peluit panjang tanda pertandingan selesai. Kemenangan tersebut membuat Indonesia lolos ke babak perempat final, setelah keluar sebagai runner up Grup A, dengan koleksi enam poin dari tiga laga.

Kemenangan ini adalah bukti dari kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh skuad Garuda Muda. Mereka telah membuktikan bahwa mereka adalah tim yang harus diperhitungkan di turnamen ini. Selamat kepada Timnas Indonesia dan semoga sukses di babak selanjutnya!

  • Bagikan