Atasi Demam dengan Bahan Dapur Dijamin Ampuh

  • Bagikan
Ilustrasi Bahan Dapur

RAKYATSULSEL - Demam adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau penyakit tertentu, dan seringkali memerlukan perawatan untuk mengurangi gejalanya. Meskipun ada obat-obatan yang tersedia di apotek, namun beberapa bahan dapur juga dapat menjadi solusi alami yang efektif untuk mengatasi demam, salah satunya adalah bawang merah, jahe, madu, dan lemon.

Bawang merah bukan hanya sekedar bumbu yang bisa melezatkan masakan, tetapi bawang merah merupakan suatu herbal yang bermanfaat untuk kesehatan. Dilansir dari kanal YouTube Kata Dokter, DR.(Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si., menjelaskan bahwa bawang merah dapat menguatkan imunitas atau meningkatkan daya tahan tubuh, bawang merah juga bersifat antimikroba ringan yang artinya dapat membantu tubuh agar mampu melawan infeksi-infeksi yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme.

Kemudian bawang merah juga ternyata merupakan herbal yang bisa membantu mengurangi keluhan-keluhan infeksi di seputar saluran pernapasan kita, seperti mengatasi pilek, batuk, dan demam. Sedangkan jahe dan madu memiliki antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu meredakan demam dan mempercepat pemulihan. Selain itu kandungan vitamin C pada lemon juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat meredakan demam.

Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOJI) menyampaikan bahwa ramuan sirup madu bawang jahe merupakan sebuah ramuan yang dapat dibuat dirumah dan aman dikonsumsi oleh anak-anak usia 1 tahun sampai 12 tahun untuk menurunkan demam. Resep ramuan tersebut sebagai berikut.

Bahan-bahan:

· 1 potong jahe segar, seukuran jari, dipotong tipis-tipis
· 1 bawang merah, diiris tipis-tipis
· 1 sendok makan madu murni
· Perasan air lemon dari setengah buah lemon
· 2 gelas air

Cara membuat

  1. Panaskan dua gelas air dalam panci hingga mendidih
  2. Setelah mendidih, tambahkan irisan jahe dan potongan bawang merah ke dalam panci
  3. Biarkan jahe dan bawang merah direbus dalam air selama sekitar 10-15 menit
  4. Saring ramuan jahe dan bawang merah tersebut untuk memisahkan airnya
  5. Tambahkan satu sendok makan madu murni ke dalam air ramuan, aduk hingga madu larut sempurna
  6. Tambahkan perasan air lemon ke dalam ramuan dan aduk rata

Minumlah ramuan selagi hangat. Para orang tua tidak perlu lagi khawatir ketika Si Kecil demam, Anda bisa memanfaatkan bumbu dapur yang ada di rumah untuk membuat ramuan penurun demam dengan mengolah jahe, bawang merah, madu, dan perasan lemon secara bersamaan. Ramuan alami ini merupakan kombinasi yang efektif dalam meredakan gejala demam dan memberikan dukungan bagi tubuh yang sedang berjuang melawan infeksi.

Bahan dapur seperti jahe, bawang merah, madu, jahe, dan lemon memiliki sifat-sifat alami yang dapat membantu meredakan gejala demam dan mendukung proses penyembuhan tubuh. Meskipun bahan-bahan ini dapat memberikan bantuan, namun penting untuk tetap berkonsultasi dengan dokter jika demam berlanjut atau disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan. (jp/raksul)

  • Bagikan