Bertekad Kembangkan Kesenian dan Kebudayaan di Wajo

  • Bagikan
SILATURAHMI. Pengurus Yayasan Arung Matoa Wajo (Armawa) La Oddang Pero-La Maddukelleng foto bersama seusai menggelar silaturahmi dengan direksi Harianrakyat Sulsel, Rabu (24/4/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Andi Hera terpilih menjadi Ketua Umum Yayasan Arung Matoa Wajo (Armawa) La Oddang Pero - La Maddukelleng, beberapa waktu lalu. Di bawah kepemimpinannya, Andi Hera memiliki sejumlah program kerja yang mencakup berbagai bidang. Yakni, di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, dan kesenian, khususnya mengangkat seni daerah, terutama di Kabupaten Wajo.

Programm-program yang akan dijalankannya bersama pengurus Armawa La Oddang Pero-La Maddukelleng di bidang pendidikan. Menurut Andi Hera program itu berupa pemberian beasiswa kepada sepuluh siswa yang keturunan dari Armawa Wajo untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Bahkan ke depannya, Andi Hera menyebut program beasiswa ini bukan hanya terbatas pada keturunan Armawa, namun juga membuka peluang bagi masyarakat umum.

"Beasiswa yang diberikan khusus keturunan, kita banyak menyebar seperti di Wajo, jadi yang ingin melanjutkan sekolah ke makassar silahkan, bisa," ucap Andi Hera pada Podcast Rakyat Sulsel, Rabu (24/4/2024).

Di bidang sosial, Andi Hera mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan yayasan sosial untuk menyelenggarakan sunatan massal dan siap memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah bencana alam dan kebakaran.

"Kami juga sudah bekerja sama dengan yayasan sosial kebetulan punya pribadi itu. Program ini sudah berjalan sejak lama tetapi kita sudah membuat MoU," ucap Andi Hera.

Sementara itu, program untuk upaya meningkatkan kesehatan masyarakat, Andi Hera berencana akan membuka posko pemeriksaan kesehatan gratis dan memberikan obat secara cuma-cuma, bekerja sama dengan lembaga pendidikan yang bergerak di bidang kesehatan.

"Seperti sekolah tinggi ilmu kesehatan, tidak menutup kesempatan jika dinas kesehatan berkenan bekerja sama dengan kami diterima dengan senang hati," tutur Andi Hera.

Ia mengaku juga berencana untuk menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah dalam mengangkat seni daerah dan mempromosikan produksi UMKM, seperti sutra Sengkang, untuk meningkatkan ekonomi lokal.

Sebagai organisasi dengan sejarah yang panjang, Andi Hera menyebut Yayasan Armawa telah berkontribusi dalam bidang seni sejak lama. Khususnya di bidang seni yang biasanya diundang untuk menyambut tamu negara di kantor gubernur.

Lebih lanjut, dalam upaya menghadirkan regenerasi, Andi Hera mengatakan pihaknya aktif merekrut anggota muda. Selain itu, prestasi yang telah di torehkan oleh Armawa ini juga, kata Andi Hera, telah berpartisipasi dalam festival etnis budaya di Malaysia, memperkenalkan budaya lokal, tarian, tenun khas dari Wajo, serta menjual produk UMKM dan kue tradisional. (*)

  • Bagikan