Projo Dukung Danny Maju Pilgub, Begini Analis Pengamat

  • Bagikan
Projo Dukung Danny Maju Pilgub

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Langkah Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto menatap Pilgub 2024 kian terbuka.

Setelah mendaftar di beberapa partai, kini Relawan Pro Jokowi (Projo) memutuskan mendukung Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto untuk maju pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel). DPP Projo akan segera menggelar deklarasi secara resmi nantinya.

Pengamat politik UINAM Makassar, Dr Ibnu Hadjar Yusuf menyebutkan, Relawan Pro Jokowi (Projo) secara resmi menyatakan dukungannya kepada Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto sebagai calon Gubernur dalam Pilgub Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah tepat.

"Saya melihat dukungan Projo ke pak Danny maju pilgub sudah tepat," ujarnya, Selasa (11/6/2024).

Dia menilai, keputusan ini didasarkan pada beberapa pertimbangan strategis yang relevan dalam konteks sosiologi politik. Dimana, selama hampir satu dekade, Danny telah menunjukkan kesetiaannya dalam mendukung program-program pemerintahan Jokowi.

"Ini mencerminkan konsistensi dan komitmen terhadap visi pembangunan yang telah dirancang, menunjukkan bagaimana jaringan sosial dan hubungan politik dapat memengaruhi arah dukungan politik," tuturnya.

Selain itu, Projo menilai Danny mampu melanjutkan program pemerintahan yang akan dijalankan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto. Dalam politik, kontinuitas program sangat penting untuk memastikan keberhasilan kebijakan jangka panjang, dan Danny dianggap sebagai figur yang dapat menjaga stabilitas serta keberlanjutan program-program tersebut.

Kepemimpinan Danny sebagai Ketua Pembina Projo Sulsel juga memberikan legitimasi tambahan bagi dukungan ini. Struktur hierarki dan kepemimpinan dalam organisasi politik, seperti Projo, memainkan peran krusial dalam pengambilan keputusan.

Lanjut dia, setelah keputusan ini diambil, DPD Projo Sulsel segera melakukan konsolidasi dan mobilisasi dukungan dengan mengumpulkan DPC Projo dari 24 kabupaten/kota di Sulsel.

  • Bagikan