Presiden Jokowi Tinjau Bantuan Pompa Air untuk Petani di Desa Jaling Kabupaten Bone

  • Bagikan
Presiden RI, Joko Widodo berdialog dengan petani di Desa Jaling, Kabupaten Bone. (Foto: Antara)

BONE, RAKYATSULSEL-  Presiden RI Joko Widodo meninjau bantuan pompa air sebanyak 300 unit untuk pengairan sawah/pompanisasi bagi petani di Desa Jaling, Kabupaten Bone, Kamis (4/7/2024).

Kehadiran Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian serta Pj. Bupati Bone Andi Islamuddin para OPD Pemkab Bone, untuk eninjau jalannya program pompanisasi di Desa Jaling.

Bantuan pompanisasi ini ditempuh untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani melalui perbaikan sistem irigasi di daerah kering saat musim kemarau sekaligus menghadapi kekeringan dan ancaman El-Nino.

Saat berada di lokasi, Presiden Jokowi juga mengajak para petani berdialog langsung yang sedang bekerja di sawah.

Salah satu petani, Isal, mengeluhkan kebutuhan mendesak akan air hujan untuk mengairi tanaman di sawahnya yang berada di dataran tinggi.

"Kurang hujan, padahal di sini air hujan saja yang ditunggu. Ini kan sawah tinggi daratannya, jadi menunggu air hujan baru bisa bertani di sawah," ujar Isal.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman, menambahkan bahwa kunjungan Mentan RI dan Presiden Jokowi mendapat sambutan hangat dari masyarakat Bone, khususnya para petani yang terus menanti.

Adik kandung Mentan Ri ini pun berharap, kunjungan keduanya dapat memberikan dampak positif bagi para petani di Desa Jaling.

"Sebanyak 300 unit pompa ini mampu mengcover 3.250 hektare dengan kontribusi produksi 32.500 ton dan provitas 5 ton per hektare. Alhamdulillah, para petani yang selama ini kesulitan air dapat bernapas lega karena adanya pompa," jelas Andi Asman Sulaiman.

Andi Asman menambahkan bahwa hamparan sawah yang akan ditinjau presiden mencapai 205 hektar yang dikelola oleh tujuh kelompok tani.

"Dengan adanya program pompanisasi ini, diharapkan para petani di Desa Jaling dapat meningkatkan produktivitas lahan pertanian mereka, sehingga dapat mendukung ketahanan pangan daerah dan nasional," pungkasnya.  (Enal)

  • Bagikan