Perempuan Hebat Sulsel di Panggung Pilkada 2024

  • Bagikan
ILUSTRASI

Tak lupa di Maros ada nama Suhartina Bohari yang merupakan bakal calon petahana wakil bupati. Ia dipastikan kembali berpasangan dengan Chaidir Syam pada 2024.

Adapun tujuh daerah di Sulsel yang tercatat tidak memiliki figur perempuan calon kepala daerah yaitu Kabupaten Soppeng, Wajo, Bone, Selayar, Pinrang, Enrekang, dan Kabupaten Tana Toraja serta Toraja Utara.

Beberapa waktu lalu, Konsultan politik sekaligus aktivis perempuan, Andi Sri Wulandani, menilai figur politisi dan birokrat merupakan tandem ideal untuk berpasangan sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali Kota Makassar Pilkada 2024.

"Berkaca dari riset yang ia lakukan dalam beberapa tahun terakhir, banyak masyarakat Makassar butuh figur berkarakter merakyat," jelasnya.

Figur politisi merakyat menurut Sri Wulandani dapat menarik pilihan masyarakat ketika diperhadapkan dengan kandidat yang punya kekuatan finansial.

"Jadi sebenarnya apakah uang menjadi faktor dominan itu ternyata tidak, bukan faktor determinan. Sehingga yang dibutuhkan adalah karakter," katanya.

"Meskipun punya banyak uang, jika tidak perhatian, tidak akan dipilih. Itu menjadi pertimbangan," tambah Sri.

Figur birokrat disebut diinginkan masyarakat karena masalah banjir yang setiap tahunnya merendam sebagian wilayah Kota Makassar.

  • Bagikan