6 Gejala Kekurangan Cairan yang Perlu Diwaspadai dan Cara Mengatasinya

  • Bagikan
Air merupakan komponen vital yang diperlukan tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi, termasuk pencernaan, sirkulasi, dan pengaturan suhu.

RAKYATSULSEL - Air merupakan komponen vital yang diperlukan tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi, termasuk pencernaan, sirkulasi, dan pengaturan suhu.

Kekurangan air dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti komplikasi, heatstroke, batu ginjal, gagal ginjal.

Sebelum kondisi kesehatan terganggu akibat kekurangan cairan, berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan Anda harus segera minum lebih banyak air.

Dilansir dari Healhline untuk mencegah dehidrasi, penting bagi Anda untuk mengenali tanda-tanda tubuh yang membutuhkan lebih banyak air putih.

Untuk itu, inilah 6 tanda yang harus kamu pahami saat tubuh kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi.

  1. Mulut Kering dan Lengket

Mulut yang kering dan lengket adalah tanda awal dehidrasi. Air berperan dalam menjaga kelembapan selaput lendir di mulut. Jika Anda merasa mulut Anda kering, segera minum air putih untuk mengembalikan kelembapan.

  1. Urin Berwarna Gelap

Urin yang berwarna kuning gelap atau amber adalah tanda dehidrasi. Urin yang sehat seharusnya berwarna kuning terang atau jernih. Warna gelap menunjukkan bahwa tubuh Anda menahan cairan dan membuang lebih sedikit air.

  1. Kelelahan dan Lelah

Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan rasa lelah yang berkelanjutan. Air membantu tubuh memproduksi energi dan mengangkut nutrisi ke sel-sel tubuh. Jika Anda merasa lelah tanpa alasan yang jelas, cobalah minum lebih banyak air.

  • Bagikan