Tiga Ketua DPC Partai Pemenang di Pileg 2024 Bakal Isi Pimpinan DPRD Sulsel

  • Bagikan
karikatur/rambo

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai pemenang Pemilihan Legislatif (Pileg) di Sulawesi Selatan telah menyiapkan kader terbaik untuk menduduki kursi pimpinan di DPRD Sulsel periode 2024-2029.

Ada lima partai pemenang di Sulsel. Partai NasDem menjadi yang terdepan dengan perolehan 17 kursi, diikuti Golkar dengan 14 kursi, Gerindra 13 kursi, serta PPP dan PKB masing-masing 8 kursi.

Berdasarkan proporsi ini, posisi Ketua DPRD Sulsel dipegang oleh NasDem, sementara posisi Wakil Ketua I oleh Golkar, Wakil Ketua II oleh Gerindra, Wakil Ketua III oleh PPP, dan Wakil Ketua IV oleh PKB.

Adapun nama-nama figur yang dipersiapkan untuk menduduki kursi Ketua dan Wakil Ketua DPRD Sulsel. Dari NasDem, dua nama yang berpotensi adalah Ketua DPW NasDem Rahmatika Dewi dan Bendahara DPW NasDem Sulsel, Muh Sadar.

Dari Golkar, terdapat dua kandidat yaitu Ketua AMPG Sulsel Rahman Pina dan Ketua Harian DPD I Golkar Sulsel, Kadir Halid. Sedangkan dari Gerindra, Ketua DPC Gerindra Gowa, Andi Tenri Indah, menjadi kandidat kuat untuk posisi Wakil Ketua.

PPP mengajukan Ketua DPC PPP Kabupaten Wajo, Sufriadi Arief, sebagai Wakil Ketua. Dari PKB, Ketua DPC PKB Kota Makassar, Fauzi Andi Wawo, juga dipastikan menduduki posisi Wakil Ketua IV DPRD Sulsel.

Pelantikan caleg terpilih DPRD Sulsel akan digelar pada 22 September 2024, sekitar 18 hari lagi.

Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad, menyatakan bahwa DPP telah memutuskan Fauzi Andi Wawo sebagai Wakil Ketua DPRD Sulsel dari PKB. Keputusan ini tertuang dalam surat keputusan (SK) resmi.

  • Bagikan