LLDikti Wilayah I Sumatra Utara Belajar Banchmarking di UMI

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Rombongan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara, menyambangi kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Perwakilan beberapa perguruan Tinggi Swasta tergabung dalam LLDikti Wilayah I Sumut ini, tujuan ke UMI mempelajari Banchmarking atau kaitan sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.

Ini berlangsung di ruang rapat Lt 5 Menara UMI, Selasa (17/9/2024). Hadir langsung kepala LLDikti wilayah I, Prof. Dr. Saiful Anwar Matondang. Mereka diterima langsung oleh Syamsuddin Yani, PhD sebagai ketua Lembaga Penjaminan Mutu UMI.

Sebagai tamu, Kepala LLDikti wilayah I Sumatera Utara, Prof. Dr. Saiful Anwar Matondang menyampaikan bahwa beberap keunggulan dan inovasi di UMI menjadi daya tarik sehingga rombongan LLDikti dari Sumut hendak mempelajari sebagai panduan untuk pengelolaan PTS di wilayah kerjanya nanti.

"UMI memliki model akreditasi unggul PTS pertama di Indonesia. Kami akui UMI punya model penjaminan mutu bagus. Jadi, kita adopsi Banchmarking ini agar diterapkan di  kampus Sumatera Utara," jelas Prof. Saiful.

Banchmarking adalah sesuatu yang dapat diukur dan digunakan, sebagai standar yang bisa dibandingkan dengan hal-hal lain. Jadi, benchmarking merupakan tolok ukur yang digunakan untuk menilai atau membandingkan suatu hal.

Dia menilai, sistem dan pengelolaan penjaminan Mutu Pendidikan di UMI sangatlah baik, karena mengikuti perkembangan zaman. Apalagi mekanisme yang sistematis, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu.

  • Bagikan