Kiat-Kiat Tips Menjaga Pola Hidup Sehat

  • Bagikan

RAKYATSULSEL - Indeks massa tubuh (IMT) dan lingkar pinggang Anda adalah dua ukuran yang dapat membantu menentukan apakah Anda memiliki berat badan yang sehat, menurut Sumber Terpercaya National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK). Seorang dokter juga akan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti usia, etnis, komposisi tubuh, dan riwayat kesehatan Anda saat merekomendasikan kisaran berat badan yang sehat untuk Anda.

Ingat, berat bukan hanya tentang angka pada timbangan. Setiap orang berbeda, jadi sebaiknya bekerja sama dengan dokter untuk menentukan berat badan yang sehat untuk Anda.

Makan makanan bergizi
Tubuh kita membutuhkan berbagai makanan untuk memberi kita energi dan membuatnya tetap berjalan. Itu berarti makan makanan seimbang yang mengandung vitamin, mineral, dan serat, yang dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran (dengan fokus pada sayuran hijau), biji-bijian utuh, kacang-kacangan, kacang-kacangan, protein tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak.

Tentu saja, tidak apa-apa untuk sesekali menikmati camilan, tetapi yang terbaik adalah jika sebagian besar makanan dan camilan sehari-hari Anda mengandung beberapa nutrisi penting tersebut.

Batasi makanan olahan dan gula
Yang terbaik adalah makan sebagian besar makanan padat nutrisi. Ini berarti membatasi makanan olahan, seperti makanan kemasan dan beku, yang biasanya memiliki lebih sedikit nutrisi tetapi lebih banyak kalori, lemak, garam, dan gula tambahan. Anda juga harus membatasi asupan soda, kue kering dan keripik kemasan, permen, dan sereal manis.

Jika Anda kesulitan melepaskan makanan ringan kemasan atau makanan cepat saji, Anda dapat mencoba menukar makanan olahan dan makanan ringan ini secara perlahan dengan makanan utuh. Ini bukan ilmu yang sempurna, dan kemunduran adalah bagian normal dari membuat perubahan besarsumber Tepercaya dalam hidup Anda.

Minum air putih dan tetap terhidrasi
Tetap terhidrasi bukan hanya tentang menghilangkan dahaga, tetapi juga menjaga tubuh dan otak Anda tetap berjalan. Minum cukup air tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan berpikir Anda, tetapi juga dapat membantu:

meningkatkan pencernaan
tingkatkan energi Anda
mengurangi nyeri sendi
tingkatkan kesehatan jantung Anda
Saran tentang berapa banyak air yang harus diminum per hari bervariasi, tetapi antara 8 dan 13 gelas sehari adalah target yang baik.

Berolahraga secara teratur
Menggerakkan tubuh Anda memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk:

meningkatkan mood Anda
memberi Anda lebih banyak energi
membangun otot
melindungi tulang Anda
menurunkan atau mempertahankan berat badan
membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik
Olahraga teratur juga dapat membantu mencegah kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

Anda pasti ingin menargetkan 150-300 menit latihan aerobik intensitas sedang atau 75 menit olahraga berat per minggu, menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan.

Kurangi waktu duduk di depan layar
Selain membuat jantung Anda memompa, menghabiskan lebih sedikit waktu untuk duduk dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Duduk dalam waktu lama dan perilaku menetap telah dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan penyakit jantung, penambahan berat badan, dan kematian dini. Namun, olahraga teratur tidak sepenuhnya menyeimbangkan efek ini. Jadi, ada baiknya untuk berolahraga dan beristirahat sejenak dari duduk sepanjang hari. Plus, mengurangi waktu layar Anda juga tidak akan merugikan.

Dapatkan di luar ruangan setiap hari
Berada di alam memiliki cara untuk melihat segala sesuatu dalam perspektif, tetapi juga telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan mental Anda. Berjemur di bawah sinar matahari tidak hanya dapat meredakan gejala depresi, tetapi juga dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan fokus, terutama saat Anda memperhatikan lingkungan sekitar.

Keluar juga dapat meredakan perasaan seperti khawatir dan sedih serta meningkatkan kebahagiaan, optimisme, dan rasa terhubung dengan dunia. Sinar matahari juga merupakan sumber vitamin D terbaik.

Tidur yang cukup
Kita semua tahu tidur itu penting, tetapi tidur yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Saat Anda tidur, tubuh Anda sebenarnya sedang menyelesaikan sejumlah tugas penting, seperti:

mempertahankan fungsi tubuh
memperbaiki jaringan otot
memulihkan energi
memproses ingatan dan informasi baru di otak
Ketika Anda tidak cukup tidur, Anda mungkin mudah tersinggung, emosional, dan sulit fokus. Jika kurang tidur menjadi kronis, bahkan dapat meningkatkan kemungkinan penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan depresi.

Untuk semua alasan ini, penting bagi kebanyakan orang dewasa untuk tidur antara 7 dan 9 jam setiap malam.

Santai saja dengan alkohol
Minum sesekali baik-baik saja, tetapi pastikan untuk membatasi alkohol tidak lebih dari satu gelas per hari untuk wanita dan satu hingga dua gelas per hari untuk pria, menurut Pedoman Diet Departemen Pertanian.Sumber Tepercaya

Memiliki lebih dari itu dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda. Jika Anda penasaran, satu minuman biasanya didefinisikan sebagai 12 ons bir, 5 ons anggur, atau 1,5 ons minuman keras seperti gin atau vodka.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa beberapa alkohol dapat memiliki manfaat kesehatan, menurut Harvard School of Public Health. Namun, penelitian terbaru dari Trusted Source menunjukkan tidak ada jumlah alkohol yang benar-benar "aman" untuk dikonsumsi."Jika Anda minum, sebaiknya lakukan dalam jumlah sedang.

Berhenti merokok (jika Anda merokok)
Merokok melepaskan bahan kimia berbahaya ke dalam tubuh Anda dan dapat merusak jaringan paru-paru, kesehatan jantung, dan banyak lagi. Tidak mengherankan jika merokok juga merupakan faktor risiko nomor satu untuk kanker paru-paru.

Itulah mengapa berhenti merokok adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda, berapa pun usia Anda atau sudah berapa lama Anda merokok. Faktanya, berhenti merokok dapat menambah harapan hidup Anda hingga 10 tahun, menurut Sumber Tepercaya Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Mengetahui yang terbaik bagi kesehatan Anda untuk berhenti merokok adalah satu hal, tetapi sebenarnya melakukannya bisa sangat sulit. Kabar baiknya adalah ada banyak sumber daya dan obat-obatan yang dapat membantu.

Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen multivitamin
Multivitamin mungkin menjadi bagian penting dari rutinitas Anda, terutama jika Anda mengalami kekurangan nutrisi karena:

usia yang lebih tua
kehamilan
masalah malabsorpsi
obat-obatan tertentu
Di luar itu, penelitian masih beragam tentang apakah multivitamin efektif untuk meningkatkan kesehatan, menurut Harvard School of Public Health. Konon, mengonsumsi multivitamin harian dalam tunjangan harian yang direkomendasikan kemungkinan besar juga tidak akan membahayakan Anda.

Tetap di atas pemeriksaan kesehatan
Ketika hidup menjadi sibuk, pemeriksaan fisik tahunan dan pembersihan gigi dua tahunan mungkin gagal, tetapi pemeriksaan ini penting untuk menjaga kesehatan Anda, menurut cdcsumber Terpercaya.

Penting juga untuk menghadiri pemeriksaan kesehatan yang harus Anda lakukan — seperti mamogram payudara atau kolonoskopi. Ini dapat mendeteksi penyakit sejak dini, sehingga lebih mudah diobati. Mengikuti perkembangan vaksinasi Anda juga dapat membantu mencegah infeksi atau penyakit tertentu.

Apapun, menjadwalkan pemeriksaan rutin dengan dokter dan dokter gigi adalah salah satu cara yang bagus untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

Jalankan
Memperhatikan gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari Anda adalah langkah awal untuk membuat perubahan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam jangka panjang. Pikirkan tips ini sebagai titik awal untuk mempertahankan gaya hidup sehat dan menjalani kehidupan terbaik Anda selama mungkin.

  • Bagikan