Pilkada Maros 2024: KPU Sebut Tak Ada Aturan Hadirkan Kolom Kosong di Pendalaman Visi Misi CesTa

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maros saat ini sudah menjadwalkan pemaparan visi misi pasangan tunggal Chaidir Syam-Muetazim Mansyur (CesTa) pada 3 November  2024 nanti. 

Dalam pendalaman visi misi pasangan CesTa ini, KPU Kabupaten Maros akan melibatkan semua pihak warga Kabupaten Maros

"Persiapan sementara kita persiapkan, untuk jadwal pertama itu tanggal 3 November," kata  Komisioner KPU Maros, Nurul Amrah saat dikonfirmasi, Kamis (17/10/2024).

Koordiv Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Parmas ini menyebutkan jika pendalaman visi misi calon nomor urut 2 ini kemungkinan besar hanya satu kali. 

"Kita lihat nanti, apakah satu atau dua kali. Tapi kalau aturan itu paling banyak tiga kali, jadi bisa satu kali, bisa dua kali," ujarnya.

Bahkan kata dia saat ini sudah menyiapkan siapa-siapa saja yang akan diundang untuk menghadiri pemaparan visi misi. Karena kata dia tidak semua warga Maros bisa masuk ruang, tapi pihaknya menyediakan live.

"Yang akan diundang stakeholder, dan yang namanya debat publik kami akan melakukan kerjasama dengan media penyiaran, semua masyarakat Maros bisa menyaksikan apakah itu secara live atau siaran tunda," bebernya.

Soal kehadiran kolom kosong, apakah Bawaslu akan menghadirkan, Nurul menyebutkan dalam aturan kolom kosong tidak ada aturan untuk menghadirkan penggerak mereka.

"Kami tidak ada dasarnya untuk mengundang (Penggerak kolom kosong). Tapi secara umum semua masyarakat Maros mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk menyaksikan debat ini," tuturnya.

"Tapi dalam hal memfasilitasi dalam debat itu diperuntukkan untuk pasangan calon, itu di aturan ya. Sementara kolom kosong tidak ada pasangan calonnya," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan