Dari “Klik Baik”, Tuntaskan Masalah, Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Bantaeng

  • Bagikan

BANTAENG, RAKYATSULSEL – Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin menghadiri Launching “Klik Baik” di Hotel Ahriani, Kelurahan Tappanjeng, Kecamatan Bantaeng, Jum’at (31/12).

 

Dalam launching itu, dilaksanakan pula pameran inovasi yang menampilkan inovasi serta capaian dari 13 Puskesmas dan dua UPT di lingkup Dinas Kesehatan Bantaeng.

 

Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr Andi Ihsan mengatakan dalam kegiatan Klinik Layanan Inovasi Bantaeng Inspiratif Kolaboratif (Klik Baik) menampilkan inovasi yang lahir atas dasar masalah – masalah yang ada di Puskesmas.

 

“Masalah yang dihadapi di tingkatkan Puskesmas telah berhasil kita atasi secara program. Kita juga telah mencapai target – target yang telah ditetapkan,” kata dia.

 

Dia juga mengatakan, inovasi tujuan utamanya bukan untuk diperlombakan. Diharapkan inovasi terlaksana berkelanjutan dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat.

 

“Tujuannya tidak lain agar masyarakat meningkat derajat kesehatannya,” kata dia.

 

Wakil Bupati Bantaeng, Sahabuddin mengapresiasi inovasi jajaran Dinas Kesehatan sampai tingkat bawah. Dia mengatakan, dirinya dengan Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin sejak dari awal berkomitmen untuk mewujudkan Bantaeng yang penuh kebaikan, inovasi harus digerakkan.

 

“Dinas kesehatan menyambut baik dan telah mampu menerjemahkan sampai ke tingkat bawah. Hasil dari inovasi telah mampu kita saksikan. Semoga ini bukan hanya cerita, dan kita lihat inovasi telah mendapat penghargaan mulai dari tingkat provinsi dan nasional,” katanya.

 

Ketua Klik Baik, Iwan Setiawan mengatakan, Klik Baik telah hadir kurang lebih satu tahun. Hadir dalam rangka membina dan inovasi layanan bagi Puskesmas dan UPT guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bantaeng.

 

“Kita telah membawa tiga inovasi menjadi top 30 Sulawesi Selatan dan baru – baru ini lima inovasi replikasi Bendera Saskia dan meloloskan empat menjadi tujuh besar di Sulawesi Selatan,” katanya.

 

Selanjutnya, Klik Baik akan terus melakukan pembinaan inovasi di puskesmas – puskesmas. Inovasi baginya membutuhkan komitmen dalam keberlanjutannya.

 

“Target inovasi juga telah kami tetapkan. Setiap enam bulan kita lakukan evaluasi, jadi bukan hanya dilombakan, tetap harus berguna, menyelesaikan masalah kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Saya sering menekankan kepada teman – teman, jangan hadir ketika dibutuhkan saja, tapi hadirlah setiap saat,” kata Inovator Bendera Saskia itu.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin pameran inovasi Klik Baik. Satu – persatu stand dikunjungi. Dia menitipkan pesan kepada Dinas Kesehatan Bantaeng.

 

“Saya berharap inovasi – inovasi dapat ditularkan kepada OPD lain seperti virus omicrom yang begitu cepat penularannya. Selain itu layanan – layanan kesehatan diharapkan akan semaking baik kedepannya,” kata Bupati peraih penghargaan ketahanan pangan terbaik tingkat nasional itu.

 

Akhir acara, diberikan tiga penghargaan. Berdasarkan penjurian, Puskesmas Kota terpilih sebagai stand inspiratif, Puskesmas Baruga sebagai memenangkan stand terfavorit dan terakhir Puskesmas Campagaloe menyabet stand terinovatif sekaligus membawa pulang satu unit sepeda motor. (Jet)

  • Bagikan