Bukan karena Vaksin, Pelajar di Parepare Ini Dinyatakan Sembuh dan Siap ke Sekolah

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL — Pelajar di Kota Parepare, Muhammad Sahar (15) yang sempat dikabarkan lumpuh atau lemah usai divaksin Covid-19, kini sudah sehat, bisa berjalan normal, bahkan dia ingin kembali masuk sekolah.

Itu setelah Sahar menjalani perawatan selama beberapa hari di RSUD Andi Makkasau Parepare. Dokter ahli saraf RSUD Andi Makkasau dr M Yusuf menyebut Sahar bukan lumpuh atau lemah karena efek vaksin Covid-19, melainkan karena mengalami gangguan saraf.

Masuk di RSUD Andi Makkasau Rabu, 19 Januari 2022, Sahar sudah dinyatakan sehat dan dibolehkan pulang ke rumahnya, Selasa, 25 Januari 2022.

Asisten II Pemkot Parepare, Suriani membenarkan Sahar sudah dibolehkan pulang kembali ke rumahnya di Jalan Menara, Kelurahan Watang Soreang, Kecamatan Soreang, Parepare.

“Alhamdulillah anak atas nama Sahar sudah kembali ke rumahnya dalam keadaan sehat,” kata Suriani, Selasa, 25 Januari 2022.

Suriani mengemukakan, meski sudah sehat, Sahar tetap akan menjadi pantauan serius Pemkot Parepare, khususnya selama masa pemulihannya.

Kepala SMPN 2 Parepare, Hj Sri Enyludfiah bersama Bhabinkantibmas mengunjungi langsung Sahar di rumahnya untuk memastikan kondisinya.

“Anak kami itu sudah baik, sudah bisa berjalan bahkan sudah mau ke sekolah. Tapi masih dalam proses pemulihan jadi belum boleh ke sekolah dulu,” ungkap Sri Enyludfiah usai mengunjungi Sahar di rumahnya.

Sebelumnya, dokter ahli saraf RSUD Andi Makkasau, dr M Yusuf memastikan penyebab Sahar lemah bukan karena vaksin Covid-19. Tapi Sahar mengalami gangguan saraf. “Setelah diperiksa, ada gangguan rangsangan saraf tulang punggung nomor 4 sehingga tungkai tidak maksimal bergerak,” terang Yusuf.

Yusuf menekankan, reaksi vaksin dari bagian saraf adalah bisa berupa kemungkinan timbulnya kelemahan yang progresif memberat seluruh tubuh seperti penyakit gulllain barre syndrome yang terjadi 2-3 minggu setelah suntikan vaksin.

Karena itu, Yusuf memastikan, gangguan saraf yang dialami Sahar bukan efek vaksinasi. “Saya kira ini bukan efek langsung dari vaksin,” tegas Yusuf.

Dia menjelaskan, Sahar masuk kondisi lemah pada kedua kakinya dan nyeri di punggung. Gejala ini disebut bukan efek vaksinasi yang dijalani Sahar pada 21 Desember 2021.

“Riwayat vaksin bulan Desember tidak berefek ke penyakit anak ini. Kemungkinan karena ada kelemahan kedua tungkai yang standarnya itu 5 tapi sekarang ini kelemahannya (hanya) 4 yang berfungsi normal,” jelas Yusuf.

Yusuf membeberkan kemungkinan nyeri tulang nomor 4 yang dialami pasien karena terjadi penyempitan saraf. Penyempitan ini diduga Yusuf karena aktivitas olahraga bulu tangkis yang dilakukan Sahar.

“Kemungkinan ini akibat melaksanakan aktivitas bulu tangkis. Kemungkinan nyeri tulang nomor 4 bisa diakibatkan posisi yang salah, benturan, trauma, dan olahraga yang salah,” tandas Yusuf. (*)

  • Bagikan