“Pukulan Telak” Bagi Warga Kompleks Penderita Kusta Jongaya

  • Bagikan
Kompleks eks Penderita Kusta di Jongaya, Kota Makassar.

Tak hanya itu, Marawang juga mengatakan, dia tidak setuju dengan adanya tim detektor, bagian dari kebijakan Makassar Recover, yang digagas Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto.

“Tim mendatangi rumah, memeriksa kesehatan warga, mulai dari tensi, suhu tubuh dan sebagainya. Tapi, menurut saya, ini tidak sejalan dengan program pemerintah pusat karena tim ini secara pasti dapat menyebarkan Covid-19 lantaran mereka telah berkeliling-keliling bertemu dengan warga lainnya,” kata Marawang.

Kesadaran Marawang soal vaksin muncul setelah Yayasan PerMata, salah satu tempatnya beraktivitas mensyaratkan vaksinasi sebagai pintu masuk berkegiatan.

“Saya mengikuti vaksinasi akhir 2021, setelah diyakinkan beberapa pihak,” singkat Marawang.

Kusta, Covid-19 dan Stigma Fatimah dan Marawang adalah dua OYPMK yang tinggal di sebuah kompleks khusus bagi mantan penderita kusta.

Kompleks Penderita Kusta Jongaya adalah nama tempat tinggal mereka, terletak di Kelurahan Balla Parang, Tamalate, Makassar.

Di kompleks yang didirikan sejak taun 1936, Fatimah dan Marawang serta keluarganya tinggal bersama sekitar 1300 orang warga.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 25 persen diantaranya atau sekitar 400 orang berstatus OYPMK. Sebanyak 100 diantaranya mengalami kerusakan organ.

  • Bagikan