Menag Pastikan Seluruh Jemaah Berangkat ke Arafah

  • Bagikan
ilustrasi

"Tentunya kita ingin tamu-tamu Allah dapat beribadah dengan khusyuk makanya Tazkiyah selalu membawa dokter pendamping kesehatan jamaah mulai persiapan keberangkatan, saat di tanah suci hingga kembali ketanah suci, intinya kita ingin melayani secara maksimal jasmani dan rohani jamaah dengan satu tujuan bersama menjadi haji mabrur," ujar Haji Yani.

Dokter pendamping kesehatan konsorsium Himpuh, dr Wachyudi Muchsin SH MKes mengatakan kondisi 90 jamaah semua sehat. Selain membawa obat-obat termasuk golongan antibiotik, hipertensi, kolesterol, asam urat, luka, diabetes melitus, vitamin, dan cairan ijeksin.

"Serta peralatan medis yang cukup lengkap, juga didukung oleh pihak berwenang Arab Saudi yang telah melakukan operasi besar-besaran untuk memastikan kesehatan dan keselamatan jemaah haji," ujar Dokter Koboi panggilan akrabnya.

Lanjut Dokter Yudi, Kementerian Kesehatan Saudi menyiapkan 23 rumah sakit dan 147 pusat kesehatan di Mekah dan Madinah serta telah disiapkan empat rumah sakit dan 26 puskesmas juga siap merawat jemaah haji di Mina.

"Ada lebih dari 1.000 tempat tidur untuk pasien yang membutuhkan perawatan intensif dan lebih dari 200 khusus untuk pasien heatstroke," pungkas Humas IDI Makassar ini. (*)

  • Bagikan