Usai Terpilih Jadi Direktur Eksekutif Daerah WALHI, Asnawi: Fokus Kawal Kebijakan Lingkungan Hidup di Sulbar

  • Bagikan

MAMUJU, RAKYATSULSEL - Pertemuan Daerah Lingkungan Hidup (PDLH) Luar Biasa yang merupakan forum tertinggi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) di Daerah menetapkan Asnawi dari lembaga eLSAP sebagai Direktur Eksekutif Daerah WALHI Sulawesi Barat, yang diselenggarakan di Mamuju, pada 6-7 Agustus 2022.

Usai di tetapkan sebagai Direktur Eksekutif Daerah WALHI Sulawesi Barat, Asnawi menegaskan WALHI Sulbar akan fokus untuk mengawal kembali kebijakan pengelolaan lingkungan hidup di Sulawesi Barat.

“WALHI sebagai organisasi advokasi lingkungan hidup dan hak asasi manusia, akan kembali mengawal pengelolaan lingkungan terutama pada sektor kebijakan, termasuk tambang dan sawit yang saat ini akan kita tinjau seperti apa perizinan dari pemerintah,” kata Asnawi, Minggu (7/8/22)

Direktur Eksekutif Daerah WALHI Sulbar juga menggaris bawahi rencana tata ruang wilayah (RTRW) Sulawesi Barat, ia menyebut jika pengelolaan pesisir hingga hutan saat ini belum berpihak pada wilayah kelola rakyat.

"Kemudian advokasi wilayah pesisir, sampah, reklamasi termasuk akan kembali melakukan kajian terhadap rencana tata ruang wilayah (RTRW) di Sulawesi Barat. Salah satu contoh yang paling dekat yakni banjir di kota Mamuju yang sering kali jika hujan baru beberapa jam langsung tergenang, ini tentu jadi pertanyaan kenapa dengan bentang alam kita,” terangnya.

Asnawi menggaris bawahi mitigasi bencana dan sejumlah isu lingkungan Sulawesi Barat, termasuk pada posisi Sulawesi Barat sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Terkait mitigasi bencana, dimana beberapa wilayah di Sulbar merupakan daerah zona rawan bencana. Tentu ini perlu menjadi perhatian khusus dan ini akan kita dorong. WALHI Sulawesi Barat tentu akan juga memperhatikan terkait posisi Sulbar dalam penunjang IKN, tentu kita inginkan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan dan adil untuk generasi selanjutnya,” kata Asnawi.

Sementara Dewan Daerah WALHI Sulawesi Barat, Aco Parawansa mengatakan jika saat ini WALHI Sulawesi Barat akan berfokus pada kerja-kerja internal lembaga.

“Dewan Daerah di WALHI akan mengawal kerja-kerja Eksekutif Daerah dalam melaksanakan roda-roda organisasi, program kerja dan memastikan isu-isu lingkungan terkelola dengan baik,” katanya.

Berikut Susunan kepengurusan WALHI Sulawesi Barat :

Direktur Eksekutif Daerah:
- Asnawi

Dewan Daerah:
- Aco Parawansa
- Andi Makkasau
- Muh. Ishaq
- Muh. Ramadhan
- Rasdiana

(Sdr)

  • Bagikan