Gubernur Sulsel Kagum Melihat Antusiasme Peserta Karnaval Merdeka Toleransi

  • Bagikan

Andi Sudirman: Bukan Lagi Waktunya Kedepankan Politik Identitas, NKRI Sudah Final

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Melihat Antusiasme dan kemeriahan kegiatan Karnaval Merdeka Toleransi yang merupakan kegiatan puncak dari rangkaian Event Pekan Merdeka Toleransi yang mengambil tema “Merdeka dalam Keberagaman, Toleran dalam Perbedaan” yang digelar oleh Kanwil Kementerian Agama bersama sejumlah pihak, membuat Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman tidak mampu menyembunyikan kekagumannya.

Bahkan adik mantan Menteri Pertanian RI ini bersemangat menyapa seluruh barisan peserta yang antri mengular keluar dari Lapangan Karebosi, Sabtu (20/8).

Hal tersebut disampaikan langsung saat memberikan sambutan sebelum mengangkat bendera start dan melepas Peserta Karnaval dan Pawai Kendaraan Hias yang sejak pagi hari memenuhi Lapangan Terbesar dan terluas di Sulsel dan ruas jalan protokol di sekitar Karebosi.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulsel ini dengan lantang menyatakan bahwa saat ini bukan lagi waktunya mengedepankan politik identitas, karena soal kebhinekaan itu sudah final, NKRI sudah final, jangan lagi bahas perbedaan, founding father kita sudah selesaikan itu.

“Yang kita hadapi sekarang bagaimana membangun dan mempertahankan persatuan dalam keberagaman dan mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat, jadi berhentilah tanyakan soal keyakinan, tanyakan saja ke diri anda, apa yg sudah diperbuat bagi negara,” tambahnya dengan penuh semangat.

Kemeriahan Kegiatan Karnaval Merdeka Toleransi yang digelar oleh Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulsel bekerjasama dengan Pemprov. Sulsel, Polda Sulsel, Kodam XIV Hasanuddin dan FKUB Sulsel sudah tampak sejak matahari baru terbit di ufuk timur, dimana Puluhan Ribu Peserta sudah memenuhi Lapangan Karebosi Kota Makassar.

Kegiatan Karnaval ini merupakan salah satu bagian dari Event Pekan Merdeka Toleransi Sulsel 2022 yang berlangsung sejak tanggal 13 – 20 Agustus 2022 yang digagas langsung oleh Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Khaeroni dan didukung oleh berbagai elemen termasuk Majelis Lintas Agama di Sulsel.

Sejumlah kegiatan digelar mulai dari Dialog Toleransi di Hotel Gammara, Pementasan Sendratari Bhineka Tunggal Ika di Hotel Claro, Kemah Merdeka Toleransi di Pakkatto Gowa, Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 juga di Pakkatto Gowa, Khutbah Seragam Bertema Toleransi se Sulsel, dan puncaknya adalah kegiatan Karnaval di Lapangan Karebosi Makassar.

Sejumlah petinggi dan Pejabat tampak hadir di podium Utama diantaranya Ketua DPRD Sulsel, Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Rektor UIN Alauddin dan UIM Makassar, Ketua dan Pengurus FKUB Sulsel, Para Pimpinan Majelis dan Wali Agama di Sulsel, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, Kapolda Sulsel, Kaban Kesbangpol Sulsel, Sejumlah Kakankemenag Kab. Kota se-Sulsel, Perwakilan dari Ormas dan OKP Lintas Agama dan Pengurus DWP Kanwil Kemenag Prov. Sulsel.

Peserta yang menggunakan pakaian beranekaragam dengan tema Keagamaan dan Kebudayaan mulai berbondong bondong menyerbu Lapangan Karebosi yang merupakan lapangan terbesar dan terluas di Kota Makassar yang berasal dari ASN Kemenag dari 8 Kabupaten Kota, Komunitas umat lintas Agama, Ormas dan OKP Keagamaan, serta iring iringan Kendaraan Taktis dan Panser Pasukan TNI Kodam XIV Hasanuddin serta masyarakat umum. (*)

  • Bagikan