Pemkot Parepare Kolaborasi TP PKK Gelar Lokakarya Bahasa Daerah

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama Tim Penggerak (TP) PKK Kota Parepare menggelar Lokakarya Bahasa Daerah.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Arifuddin Idris dan dibuka oleh Ketua TP PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan ini digelar di Gedung Sekolah Tionghoa Kuo Min Tang, Selasa, (30/8/2022).

Mengusung tema "Revitalisasi Bahasa Daerah untuk Tunas Bahasa Ibu dilaksanakan 30 hingga 31 Agustus 2022.

Pada pelaksanaan Lokakarya itu, 7 cakupan materi yang diterima oleh para guru bahasa daerah yang telah mengikuti pelatihan sebagai guru master yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulsel beberapa waktu lalu ini, didesiminasikan kepada para guru bahasa daerah melalui kegiatan Lokakarya.

Output kegiatan itu diharapkan, agar para guru dapat merancang model pembelajaran bahasa daerah secara menarik untuk siswanya. Selain itu, juga untuk menyiapkan para siswa mengikuti lomba berjenjang, mulai tingkat kota hingga provinsi dalam Festival Tunas Bahasa Ibu (bahasa daerah).

"Sebagai institusi yang menangani perkembangan anak, peserta didik maka sudah tepatmya bahasa daerah itu dilakukan secara terprogram di jenjang pendidikan," ujar Arifuddin Idris, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare.

Ia menerangkan, melalui kerjasama dengan TP PKK Kota Parepare pada kegiatan lokakarya ini menjadi upaya perpanjangan tangan dalam pelestarian bahasa daerah di lingkungan keluarga.

"Pelestarian bahasa dserah harus didukung oleh lingkungan keluarga sehingga ada instensitas TP PKK pada kegiatan tersebut untuk menjaga kelestarian bahasa daerah Bugis di lingkungan keluarga, " paparnya.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan pada kegiatan tersebut menitip pesan harus lebih peduli dari kepunahan bahasa daerah, karena telah banyak sekarang ini yang tidak tahu berbahasa daerah.

"Mari kita bersama-sama peduli terhadap kepunahan bahasa kita. Mari kita jaga, pelihara, agar bahasa daerah sebagai identitas budaya kita dapat terus terjaga kelangsungannya," pesan Ketua DPD II Partai Golkar Parepare ini.

Kegiatan itu dikoordinir oleh Kepala bidang Kebudayaan, Mustadirham didampingi sejumlah guru master bahasa daerah dari tingkatan SD dan SMP. (*)

  • Bagikan