Pemkot Parepare Bakal Gelar Job Fit Eselon II, Tujuh Jabatan Kepala SKPD Masuk Daftar Diisi

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL — Setelah promosi dan rotasi 90 pejabat administrator (eselon III) dan pejabat pengawas (eselon IV), Pemerintah Kota Parepare kini mempersiapkan untuk pengisian tujuh jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon II) yang lowong dan bakal lowong.

Tujuh jabatan itu akan diisi melalui job fit pejabat eselon II maupun seleksi terbuka atau lelang jabatan.

Hal ini diungkap Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe usai melantik 31 pejabat administrator dan 59 pejabat pengawas di Auditorium BJ Habibie, Komplek Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Jumat, 14 Oktober 2022.

“Ada tujuh jabatan pratama mau dilelang. Satpol PP, Dinas Ketahanan Pangan, Asisten I, Kesbangpol, Dinas Perpustakaan, Dinas P3A, dan lainnya,” ungkap Taufan Pawe dalam sambutannya.

Taufan Pawe pun sudah meminta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Parepare untuk segera melakukan job fit. Segera bentuk tim seleksi untuk pengisian tujuh jabatan tersebut.

“Saya mau meneropong melihat kapasitas dan kemampuan pejabat eselon II. Ini terkait kepuasan Wali Kota terhadap kinerja pejabat eselon II. Dan kalau kita punya SDM kenapa harus ambil dari luar daerah,” ingat Taufan Pawe.

Kepala BKPSDMD Parepare, Adriani Idrus membenarkan dalam waktu dekat segera dilakukan job fit khusus pejabat eselon II.

Job fit atau yang juga biasa disebut dengan person-job fit, adalah cara untuk menilai kecocokan karakteristik kandidat dengan suatu posisi di organisasi melalui kepribadian, soft skills, pengalaman, dan nilai-nilai (values) yang mereka miliki dalam bekerja.

“Job fit ini untuk menilai apakah pejabat bersangkutan sudah cocok di SKPD yang dipimpinnya atau cocoknya di SKPD lain. Jadi bisa saja misalnya dia Kadis Perhubungan, tapi setelah job fit dia cocoknya di Kadis Kominfo, begitu juga sebaliknya. Yang ikut job fit ini semua eselon II yang sudah menjabat minimal satu tahun,” terang Adriani.

Adriani menambahkan, jabatan yang sudah terisi berdasarkan hasil job fit, tidak lagi dilakukan seleksi terbuka untuk jabatan tersebut. Namun jika ada jabatan dinilai belum ada pejabat yang cocok setelah melalui job fit, baru dilakukan seleksi terbuka untuk pengisiannya.

Pada tahun ini ada beberapa jabatan eselon II Kepala SKPD yang lowong di antaranya Dinas Perpustakaan Parepare, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Parepare, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Parepare, Dinas Kominfo Parepare, Staf Ahli, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Parepare, dan Badan Keuangan Daerah (BKD) Parepare.

Sementara tahun depan ada beberapa lagi Kepala SKPD yang lowong menyusul pejabatnya memasuki masa pensiun. Di antaranya Asisten I, Kepala Satpol PP Parepare, Kepala Bappeda Parepare, Kepala Badan Kesbangpol Parepare, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Parepare. (*)

  • Bagikan