Ratusan Orang di Korea Selatan Tewas dalam Insiden Kerumunan Pesta Halloween, Begini Kronologinya

  • Bagikan

Mengapa Kerumunan Jadi Begitu Besar?

Itaewon telah lama menjadi tempat populer untuk merayakan Halloween, terutama karena liburan ini menjadi lebih populer di Asia dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa bahkan terbang ke Seoul dari sejumlah wilayah lain untuk meramaikan perayaan tersebut.

Tetapi selama dua tahun terakhir, perayaan diredam oleh pembatasan pandemi pada ukuran kerumunan dan mandat masker karena COVID-19.

Akhir pekan kemarin menandai Halloween pertama sejak negara itu mencabut pembatasan ini – memberikannya arti khusus bagi banyak peserta yang bersemangat di Seoul, serta pengunjung internasional termasuk penduduk asing dan turis.

Hotel dan acara di wilayah itu telah dipesan jauh-jauh hari sebelumnya dan ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Apa yang Terjadi Kemudian?

Saksi mata mengatakan kepada CNN bahwa sangat sedikit–-jika ada–-pengendalian massa sebelum berubah menjadi tragedi mematikan.

Video dan foto yang di-posting ke media sosial menunjukkan orang-orang berdesakan, berdiri bahu-membahu di jalanan yang sempit.

Seorang saksi mata mengatakan butuh beberapa waktu bagi orang untuk menyadari ada sesuatu yang salah, dengan teriakan panik orang-orang bersamaan dengan musik yang menggelegar dari klub dan bar di sekitarnya.

Setelah panggilan darurat pertama datang sekitar pukul 10.24 malam, pihak berwenang bergegas ke tempat kejadian. Namun, banyaknya orang membuat sulit untuk menjangkau mereka yang membutuhkan bantuan.

  • Bagikan