Rekrut Tenaga Adhoc, Bawaslu Palopo Sebut Jajaran akan Bekerja Ekstra

  • Bagikan
Bawaslu Kota Palopo saat melakukan sosialisasi fasilitas pengawasan Penyelenggaraan tahapan Pemilu ke Badan Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Hotel Agro, Rabu (23/11). (A/Fahrul)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini melakukan Rekrutmen tenaga Ad Hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Komisioner Bawaslu Kota Palopo, Ahmad Ali menjelaskan tahapan yang sedang berjalan sekarang adalah pengawasan rekrutmen tenaga Adhoc di Panitia Pemilihan Kecamatan namun agenda ini beririsan dengan tahapan verifikasi pendaftaran. Hal ini memungkinkan jajaran akan bekerja extra.

“Menurut perbawaslu 3 dan 5, Bawaslu diminta untuk mengawasi perekrutan ini. Kalau di Bawaslu bisa lintas kecamatan, di KPU hanya bisa mendaftar sesuai kecamatannya," ujar Ahmad Ali saat Pembukaan Kegiatan Fasilitasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 di Hotel Agro Wisata, Rabu (23/11).

Menurut Ahmad, salah satu fokus pengawasan adalah syarat pendaftaran berbasis kecamatan. Hal itu dinilai memerlukan ketelitian panitia perekrutan hingga jajaran pengawas. Selain itu, ia juga memberikan bocoran terkait tahapan pengawasan daftar pemilih dalam waktu dekat.

Terpisah, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Sitti Aisyah berharap jajaran Panwascam dapat bekerja sesuai aturan yang berlaku.

“Dengan keterbatasan personel, saya harap jajaran tetap bisa bekerja maksimal. Bekerja secara kolektif kolegial adalah kuncinya," ungkap Aisyah.

Ia mengingatkan kepada jajarannya, untuk menjaga komunikasi dan koordinasi setiap saat dalam melakukan kerja-kerja. Ia menegaskan kembali pengawasan tahapan yang sedang berjalan agar dijalankan dengan fokus. (Fahrul/Raksul/B)

  • Bagikan