Kepala BPBD Sulsel Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem

  • Bagikan
Amson Padolo

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). Hujan lebat yang disertai angin kencang diprediksi terjadi di sejumlah wilayah Sulsel hingga 9 Januari 2023.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan, Amson Padolo menyampaikan antisipasi terhadap dampak gejala alam memang perlu menjadi perhatian untuk semua pihak.

Kata dia, pihaknya telah mengimbau BPBD di setiap kota dan kabupaten untuk meningkatkan atensi, apalagi akhir-akhir ini dampak cuaca ekstrem cukup menjadi keresahan. "Seperti longsor, banjir, sangat perlu dilakukan antisipasi," ujarnya, Selasa (3/1/2023).

Dia menuturkan, efektifitas penananganan dampak dari cuaca ekstrem tersebut memang perlu kerja sama antara masyarakat dan pemerintah.

Ia melanjutkan, pihaknya saat ini siap siaga, seperti penyedia alat evaluasi jika memang dibutuhkan dan jika memang terdapat masyarakat terdampak bencana logistik pun siap untuk disalurkan.

"Pemerintah kabupaten dan kota, juga kita harapkan sebagai ujung tombak, leading sektor terdepan untuk sedapat mungkin melakukan deteksi dini," pungkasnya. (abu/B)

  • Bagikan