Hasil Survei Lembaga Survei Tempatkan 16 Figur Bertarung di Pilwalkot, Begini Respon Danny Pomanto

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sejumlah figur baru dan lama bermunculan jelang perhelatan Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Makassar 2024. Terbaru, Lembaga Survei menempatkan 16 figur potensi untuk bertarung di Pilkada Makassar.

Berdasarkan hasil survei, sisi elektabilitas untuk calon Walikota. Nama, Fatmawati Rusdi memiliki elektabilitas tertinggi, 28,38 persen. Munafri Arifuddin alias Appi dengan angka 20,18 persen, disusul Syamsu Rizal alias Dg Ical dengan angka 15,08 persen.

Adapun posisi keempat dan kelima ditempati anggota DPR RI Fraksi Demokrat Aliyah Mustika Ilham dan politisi PDIP dr Fadli Ananda dengan angka 5,54 persen. Sedangkan figur baru Rudianto Lallo yang saat ini menjabat Ketua DPRD Makassar 1,77 persen.

Sedangkan bakal calon lain yakni. Andi Rachmatika Dewi 4,43 persen, Andi Bukti Djufrie 0,22 persen, Andi Zunnun Armin N.H 0,67 persen, Hamzah Ahmad 0,22 persen, dokter Udin Malik 0,00 persen.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto memberikan respon hasil survei Insert Institue. Ia mengakui merestui figur tersebut untuk berkompetisi. Sebab, semua orang punya hak yang sama mengukuti pertarungan politik.

"Semua orang berhak siapapun dia (calonkan diri). Karena lapangan lagi kosong, bagi saya mendukunh siapapun yang dipilih rakyat. Semua, siapapun dia," kata Moh Ramdhan Pomanto, Selasa (10/1).

"Silahkan berkompetisi sehat. Yang kita mau Indonesia, Sulawesi Selatan, Makassar, butuh orang baik. Baik untuk Indonesia, baik untuk Sulawesi Selatan dan Baik untuk Kota Makassar tahun mendatang," sambungnya.

Meski begitu, kata dia, figur paling dianggap tepat adalah Wakil Bendahara DPP NasDem Fatmawati Rusdi. Pasalnya, paling memahami dinamika dan kondisi Kota Makassar. Terlebih, saat ini masih menduduki jabatan sebagai Wakil Walikota, tentu kedepan lebih baik lagi.

"Komunikasi tergantung survei, tapi saya kira orang paling memahami Makassar saat ini adalah ibu Fatma (wakil walikota)," jelasnya.

"Ibu Fatma itu berpotensi karena mendampingi saya, paham semua program pemerintah. Saya dekat masyarakat dan beliau mendampingi saya," tambahnya.

Saat disinggung mengenai figur dokter Udin yang merupakan menantunya. Danny Pomanto merespon positif sebab semua punya hak sama sehingga bisa mencalon dan dicalonkan pada perhelatan Pilwalkot 2024 mendatang.

  • Bagikan