Plt Kadispora Palopo Lepas Jalan Sehat Peringati HAB ke-77

  • Bagikan
Plt Kadispora Palopo Ade Chandra Lepas Jalan Sehat Kerukunan HAB ke-77, Sabtu (14/1).

PALOPO, RAKYATSULSEL - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Palopo, Ade Chandra menghadiri sekaligus melepas Jalan Sehat Kerukunan memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama (Kemeneg) RI 2023 di Pelataran Aula Serbaguna IAIN Palopo, Sabtu (14/1).

Rektor IAIN Palopo Prof Abdul Pirol mengatakan pelaksanakan peringatan HAB ke-78 salah satu rangkaiannya yakni upacara dengan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Nusantara.

"Kemudian juga kita lanjutkan ziarah ke makam pahlawan dan kepada para pendiri, maupun pimpinan atau mantan pimpinan dan dilanjutkan ke panti asuhan," ucap Prof Abdul Pirol.

"Hari ini kita laksanakan Gerak Jalan yang dinamakan Jalan Sehat Kerukunan, sebagaimana kita ketahui bahwa tema HAB Kemenag tahun ini adalah kerukunan umat, Indonesia hebat," tambahnya.

Terpisah, Plt Kadispora Palopo Ade Chandra menyampaikan, menciptakan kerukunan umat tentunya diharapkan semua pegawai Kemenag ikut berkontribusi. Termasuk, IAIN Palopo harus terdepan dalam memperlihatkan atau mengamalkan apa yang disebut dengan Kerukunan itu.

Ade Chandra menambahkan, kegiatan ini sangat bermanfaat, dimana kegiatan bertujuan ada dua, yaitu untuk menjaga kesehatan dan yang kedua tidak kalah pentingnya ialah untuk menjalin silaturahmi.

"Pemerintahan itu dibentuk sadar atau tidak disadari dalam rangka mengubah yang namanya peradaban, ciri orang yang beradab adalah yang pertama berbadan sehat, memiliki tingkat intelektual yang bagus dan memiliki akhlak yang bagus," tukas Ade Chandra.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, kata dia, Kemenag dan IAIN sudah menciptakan yang namanya peradaban mendidik mahasiswa, agar supaya memiliki otak yang bagus brilian, akhlak yang bagus dan disiplin.

"Kemenag ini yang usianya sudah 77 tahun ini menjadi kementerian yang terkemuka dan kementerian lainnya. Karena apa orang yang bekerja di Kementerian Agama pasti memiliki akhlak yang bagus dan komunikasinya juga bagus," ungkapnya

Turut hadir wakil Rektor IAIN Palopo dan seluruh pimpinan, dosen dan saff IAIN Palopo serta pimpinan dari Bank BSI, Bank BRI, PT TASPEN (Persero) dan PT PLN (Persero) Kota Palopo beserta jajarannya. (*)

  • Bagikan