Maju Pilkada 2024, Pengamat Sebut Kader Parpol Akan Tunggu Hasil Pileg

  • Bagikan
Ilustrasi. Kader Parpol Tunggu Hasil Pileg untuk Maju Pilkada

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sejumlah kandidat bakal calon kepala daerah (Cakada) sudah mulai mensosialisasikan diri akan bertarung pada 2024 mendatang. Hal itu untuk menaikkan elektoral sebab keputusan maju menunggu hasil Pemilihan Legislatif (Pileg).

Pengamat Politik, Sukri Tamma mengatakan, perhelatan Pileg akan berlangsung pada Februari 2024. Hasil itu akan menjadi pertimbangan ketua partai ikut bertarung pada pilkada.

"Kader-kader partai yang akan maju pasti akan menunggu instruksi partai maju dulu di Pileg mencari kursi setelah ada hasilnya baru mereka dorong kader terbaik mereka," kata Sukri Tamma.

Dirinya menyebutkan mereka yang akan maju sebagai kandidat kepala daerah harus mencari dulu suara. Setelah partai mereka dianggap sukses baru didorong di Pilkada.

"Karena saat ini partai politik lebih fokus pada Pileg dan Pilpres. Karena hasil pileg akan menentukan konstelasi politik," bebernya.

Jika kader mereka mampu mendapatkan tiket mengusung sendiri untuk maju di Pilkada maupun Pilgub maka peluangnya sangat besar untuk diusung apalagi khususnya ketua Parpol.

"Hasil Pemilu yang akan menjadi penentu mereka untuk diusung," singkatnya. (Fahrul/Raksul/B).

  • Bagikan