Pemprov Sulsel Bakal Bangun Sebelas Unit PSU Arsinum di Kepulauan dan Pesisir Tahun Ini

  • Bagikan
Suasana Rapat Koordinasi OPD Lingkup Pemprov Sulsel Percepatan Pembangunan di Baruga Karaeng Pattingalloang, Jumat (27/1).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ketersedian air minum layak dan aman untuk masyarakat terus menjadi perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov), khususnya mereka berada di kepulauan dan pesisir.

Tahun ini, Pemprov Sulsel bakal membangun sebelas unit Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU) Air Siap Minum (Arsinum) di 11 titik. Ada dua kabupaten menjadi sasaran dalam proyek ini, yakni Selayar dan Pangkep.

Rinciannya, untuk Selayar ada di Pulau Bahuluang Desa Khusus Bahuluang Bontosikuyu, Pulau Karumpa Desa Karumpa Pasilambena; Pulau Latondu, Desa Latondu Takabonerate; Pulau Tarupa, Desa Tarupa Takabonerate.

Diketahui, Pemprov Sulsel telah merealisasikan pembangunan 10 unit PSU arsinum yang tersebar di 8 Kabupaten, yakni Pulau Kanalo 2 di Kabupaten Sinjai, Pulau Liukang Loe, di Kabupaten Bulukumba tahun 2022.

"Alhamdulillah, tahun 2022 lalu kita sudah bangun 10 unit arsinum dan masyarakat telah menikmati manfaat dalam mendapatkan air minum yang aman dan sehat. Tahun ini kembali akan dibangun 11 unit arsinum," ungkap Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Sabtu (28/1).

Sasaran pembangunan PSU arsinun ini untuk diberikan kepada masyarakat kepulauan, pesisir, dan daerah rawan air minum layak dan aman.

"Kita berharap dengan adanya arsinum ini akan bermanfaat untuk masyarakat kita di kepulauan maupun di pesisir, sehingga masyarakat dapat menikmati air minum layak dan aman," jelasnya. (Abu Hamzah/Raksul/B)

  • Bagikan