Harga Beras Naik

  • Bagikan
Hj Ida Susanti Seorang Pedagang Beras di Pasar Maricaya, Jalan Veteran Selatan, Kota Makassar, Jumat (3/2/2023). (Shasa/RakyatSulsel)

"kita mengalami kenaikan sedikit inflasi 5,81 persen itu sudah menjadi warning (peringatan), tidak bisa tidak. Kontainer harus saya sampaikan mulai Senin kita sikat dalam bulan ini, kita mau turun drastis, kita fight (bertarung) mulai langsung," ujarnya.

Lanjut, Danny menjelaskan nantinya dalam Pasar Murah Kontainer akan tersedia komoditi-komoditi yang mengalami kenaikan harga diantaranya seperti cabai dan minyak goreng. Jadi untuk skemanya dengan menggunakan subsidi, kata Danny, jadi Pemerintah Kota Makassar akan membeli komoditi-komoditi tersebut lalu menjualnya di Pasar Murah Kontainer dengan harga yang lebih terjangkau untuk masyarakat.

"Semua komoditas yang naik, misalnya cabai dan minyak goreng, jadi minyak goreng kita beli, kita subsidi, kita kasi turun di kontainer-kontainer. Jadi orang-orang juga lebih mudah, di keluarahan itu tidak belanja lagi ke pasar, tapi ke kontainer saja," jelasnya.

Subsidi yang diberikan oleh Pemerintah Kota Makassar akan menggunakan anggaran yang dimiliki oleh Dinas Perdagangan dan juga dari anggaran Biaya tak Terduga (BTT). "ada, kita bisa gunakan uang BTT untuk itu, ada uangnya," pungkasnya.

Diketahui, Pasar Murah Kontainer sendiri merupakan Posko Makassar Recover yang berada di setiap kelurahan di Kota Makassar.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan terjadi kenaikan harga beras di seluruh provinsi Indonesia. Saat ini, pemerintah tengah melakukan operasi pasar sehingga harga beras kembali stabil.
Ia memerintahkan Perum Bulog untuk melakukan operasi pasar, tetapi hal tersebut baru membuat harga bahan pokok ini turun sedikit.

"Memang naik di semua provinsi. Ini yang sedang kita lakukan operasi pasar oleh Bulog di seluruh provinsi terus dilakukan awal Januari. Tapi baru turunnya sedikit minggu-minggu. Ini terus kita lakukan operasi pasar," ujarnya saat mengecek harga pangan pokok di Pasar Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, Kamis (2/2).

Selain meninjau harga beras, ia juga mengecek harga sembako lain seperti minyak goreng. Menurutnya, harga minyak goreng masih terkendali.

  • Bagikan