Hadiri HUT ke-17 Belopa, Gubernur Sulsel Ungkap Pemprov Telah Bantu Rp400 Miliar di Luwu

  • Bagikan
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman Hadiri HUT ke-17 Belopo, Luwu

Demikian juga dengan perhatian Pemprov di bidang pertanian dengan program Mandiri Benih tahun 2022 dengan jumlah 47.875 kg untuk 1.915 hektar sawah. Dan untuk lanjutan tahun 2023 sebanyak 75.000 kg untuk 3.000 hektar.

Provinsi Sulsel di tahun 2022 juga memberikan bantuan Alsintan berupa handtractor, cultivator dan bibit durian musang king. Untuk sarana prasarana pertanian berupa jalan tani, embung, irigasi perpompaan, irigasi tersier dan sumur bor.

Untuk tahun 2023 melanjutkan bantuan kelompok tani dengan nilai Rp 5,3 miliar untuk pembangunan irigasi tersier, jalan tani, combine harvester, traktor roda 34 dan lain-lain.

Di sektor kelautan dan perikanan Sulsel di tahun 2022 dengan penanaman mangrove 96.000 batang, bantuan kapal nelayan, bantuan prasarana rumput laut desiminasi udang windu.

Melanjutkan di tahun 2023 dengan anggaran Rp1,7 miliar untuk penanaman mangrove target 90.000 dan bantuan perikanan lainnya.

Tidak ketinggalan di bidang sosial, Pemprov Sulsel di tahun 2022 lalu telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT BBM) kepada 1.274 keluarga penerima manfaat yang tidak pernah mendapatkan bantuan sosial dari APBN atau APBD.

"Bantuan ini sebagai salah satu langkah Pemprov dalam mengendalikan inflasi," ujar Gubernur Andi Sudirman.

Demikian juga di tahun 2023 memberikan bantuan pasang baru listrik untuk 77 rumaah.

Sementara itu, Bupati Luwu Basmin Mattayang dalam sambutannya menuturkan, Kabupaten Luwu meraih predikat terbaik satu di wilayah Indonesia Timur atas capaian pemulihan ekonomi nasional pasca covid-19.

"Sebanyak Rp400 Miliar telah dikucurkan Pemprov Sulsel diperuntukkan pembangunan akses jalan dan jembatan," kata Basmin.

Terakhir Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengucur tambahan anggaran tahun 2023 sebanyak Rp25 Miliar kepada masyarakat Luwu. "Terimakasih atas bantuan anggaran pembangunan untuk rakyat Luwu pak Gub," jelasnya.

Sebelumnya mengawali rangkaian hari jadi Belopa ke 17 sebagai ibu kota kabupaten Luwu,ketua DPRD Luwu Rusli Sunali membacakan sinopsis terbentuknya kota Belopa.

Sejumlah pejabat teras dari Pemkab se Luwu Raya nampak hadir,jajaran Forkopimda termasuk Ketua TP-PKK Luwu Dr.Hayarna Basmin

Hadir pula para kepala OPD lingkup Pemkab Luwu,Kepala Bagian dan berbagai elemen masyarakat termasuk para camat , kepala Desa dan Lurah sekabupaten Luwu dan anggota DPRD Luwu dan DPRD Provinsi Sulsel.

Bahkan rombongan dari Pemkab Kolaka Utara, Bupati Penajem Pasir Utara dan Bupati Toraja Utara turut serta menghadiri hari jadi Belopa ke 17 sebagai ibu kota Kabupaten Luwu. (Irwan/A)

  • Bagikan