BMKG Makassar Keluarkan Peringatan Dini Cuaca, Danny Pomanto Imbau Siaga Banjir

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto Beri Keterangan Soal Peninjauan Lokasi Titik Banjir di Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengimbau kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkuop Pemerinttah Kota Makassar hingga ke jajaran lurah dan Camat untuk bersiap siaga menghadapi cuaca ekstrem hari ini, Rabu (1/2).

Pria yang akrab disapa Danny Pomanto ini meminta untuk mewaspadai genangan yang diprediksi akan terjadi jam 14.00 Wita siang ini.

"Siaga kemungkinan banjir genangan mulai pukul 14.00 Wita tanggal 1 Maret 2023," ucap Danny Pomanto, Rabu (1/3)

Danny Pomanto juga meminta kepada seluruh masyarakat Kota Makassar untuk bersiaga dan tetap berdoa agar prediksi tersebut tidak terjadi.

"Kita berdoa semoga tidak terjadi," tukasnya.

Sementara itu, diketahui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar telah mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan yang akan terjadi pada tanggal 28 Februari hingga 6 Maret 2023.

Dari data yang dirilis BMKG IV Makassar daerah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga deras yang dapat disertai angin kencang dan kilat/petir yaki Kota Makassar, Pare-pare, Kabupaten Luwu Timur, Luwu Utara, Luwu, Palopo, Toraja Utara, Tana Toraja, Pinrang, Bone, Soppeng, Barru.

Lanjut, Pangkep, Makassar, Maros Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, dan Selayar.

Sedangkan untuk didaerah pesisir barat dan selatan Sualwesi Selatan berpotensi angin kencang.

Hal itu disebabkan oleh pusat tekanan rendah terpantau di Australia bagian utara menyebabkan daerah jet tingkat rendah dan konvergensi di sekitar Sulawesi Selatan .

"Pada tanggal 01 Maret 2023 terdapat potensi Hujan Lebat Sangat Lebat di Kab / Kota Barru Pangkep , Maros , Makassar , Gowa , Takalar , Jeneponto , dan Kepulauan Selayar," tandas Plh Sub Koordinator Pelayanan Jasa, BMKG IV Makassar, Rizky Yudha. (Sasa/B)

  • Bagikan