Dukung Indonesia Poros Maritim Dunia, PT IKI Persero dan PT PTK Perkuat Kerjasama

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - PT Industri Kapal Indonesia (IKI Persero) menjalin kerjasama dengan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) untuk mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan Momorandum Of Understand (MoU) oleh Direktur Utama PT IKI Diana Rosa dan Direktur Utama PT PTK, Nepos MT Pakpahan yang dilakukan beberapa waktu yang lalu.

Penjajakan kerjasama antara keduanya menggunakan skema join marketing. Jadi  perusahaan tersebut akan bersama - sama mengembangkan bisnis dockyard Sorong milik PT PTK.

Kerjasama ini akan menjadi pintu bagi masing - masing perusahaan untuk melakukan sharing knowledge dalam bentuk pelatihan teknis maupun non teknis di bidang project management, engineering dan bidang terkait lainnya.

Diana Rosa mengungkapkan kerja sama tersebut tak hanya sekedar pengembangan bisnis. Namun, juga merupakan bentuk dukungan IKI terhadap kesiapan docking repair kapal-kapal di seluruh wilayah Timur Indonesia.

"Sebagai Galangan Kapal BUMN yang berada di wilayah Timur Indonesia, IKI tidak hanya fokus pada pembenahan internal untuk permintaan kinerja excellent. Namun turut mendukung kesiapan docking repair kapal - kapal di seluruh wilayah Timur Indonesia,"  ucap Diana.

Srikandi BUMN itu melanjutkan, potensi maritim di kawasan Indonesia Timur membutuhkan kesiapan galangan kapal sebagai bagian dari infrastruktur maritim.

Sinergi BUMN antara IKI dan PTK diharapkan dapat mendukung kelancaran transportasi laut dan eksplorasi sumber daya maritim terwujudnya visi Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Guna mendukung kelancaran transportasi laut dan himbauan visi poros maritim dunia. Dan ini direalisasikan dengan adanya MoU dengan Pertamina Trans Kontinental yang memiliki galangan di Sorong,” tegas Diana. (Sasa/B)

  • Bagikan