Tiga Daerah di Sulsel Ini Raih Penghargaan UHC Award

  • Bagikan
Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bulukumba Muhammad Ali

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL - Tiga daerah di Sulsel meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari pemerintah pusat. Mereka masing-masing, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng, Selayar dan Jeneponto.

Tiga pemerintah daerah itu diganjar penghargaan UHC Award lantaran telah melindungi penduduknya lebih dari 95 persen dan telah mendaftarkan penduduknya dalam segmen PBPU pada program JKN-KIS.

Pemda Banteng, Selayar serta Jeneponto menerima penghargaan UHC Award bersama 334 Pemda lainnya dan 22 Provinsi, di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/3).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba, Muhammad Ali, mengakui Kabupaten Bantaeng, Selayar serta Kabupaten Jeneponto meraih UHC Award.

Ketiga daerah yang masuk dalam wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba meraih UHC Award karena telah mencapai lebih dari 95 persen populasinya telah ikut dalam program JKN-KIS.

"Pemberian UHC Award merupakan apresiasi kepada Pemda dalam mendukung BPJS Kesehatan," kata Muhammad Ali, Selasa (14/3).

Ia mengatakan, Universal Health Coverage (UHC) diberikan ke Pemda karena telah melindungi penduduknya lebih dari 95 persen dan telah mendaftarkan penduduknya dalam mendukung program BPJS Kesehatan
melalui JKN-KIS.

Kabupaten Bulukumba dan Sinjai tidak masuk dalam daftar penerima UHC Award. Program JKN-KIS dalam Sepuluh tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Semangatnya terus tumbuh. Tingkat kepatuhan warga juga sangat besar.

"Penyelenggaraan BPJS Ksehatan akan terus disempurnakan, termasuk regulasinya juga akan disempurnakan," katanya.

Sejauh ini, program JKN-KIS secara nasional masih berada diangka 90 persen dari jumlah populasi. Sesuai dengan RPJMN 2024, Pemerintah Pusat menargetkan 98 persen populasi sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

"Mudah-mudahan ini bisa dikejar," tukasnya.

BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba mengajak Pemda yang ada di wilayahnya untuk terus bekerja mengajak dan mendaftarkan warganya untuk ikut program JKN-KIS.

"Saya berharap pemkab terus memberikan dukungan kepada BPJS," jelasnya. (Salahuddin/A)

  • Bagikan