PSIS vs PSM: Panggung Tim Cadangan

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Laga PSIS Semarang vs PSM Makassar akan tersaji pada pekan 33 Liga 1 2022/2023 di Stadion Jatidiri, Semarang, Kamis (6/4/2023), pukul 21.30 wita.

Laga kontra PSIS Semarang tak lagi menentukan bagi PSM Makassar dalam perburuan gelar juara Liga 1 musim ini. Skuad PSM Makassar sudah dinobatkan sebagai kampiun Liga 1 2022/2023.

Kemenangan atas Madura United 1-3 pada pekan 32 sudah memastikan jika PSM Makassar mengunci gelar juara. Dengan torehan 72 poin saat ini, PSM Makassar tak terkejar lagi dari para pesaingnya meski masih menyisakan dua pertandingan lagi.

Walau begitu, PSM Makassar masih memiliki satu misi khusus di Liga 1 2022/2023 yakni memecahkan rekor jumlah poin terbanyak.

Rekor poin terbanyak di Liga 1 Indonesia masih milik Bali United, saat menjadi juara Liga 1 2021/2022, dengan mengumpulkan 75 poin.

Rekor Bali United pun berpotensi dipecahkan andai kata PSM Makassar bisa menyapu bersih dua laga terakhir dengan kemenangan. Atau minimal bermain sekali imbang dan sekali menang.

Berkaca dari situasi ini, PSM Makassar pun dipastikan akan tetap menargetkan mencuri poin di markas PSIS Semarang pada pekan 33 Liga 1 2022/2023.

Namun diprediksi, PSM Makassar bakal memainkan sejumlah pemain pelapis kala bersua PSIS Semarang. Hal ini demi bisa memberikan kesempatan mereka bermain dan juga mempersiapkan skuad terbaik di laga pamungkas atau pekan 34 saat menjamu Borneo FC di Stadion BJ Habibie, 16 April 2023.

Di skuad PSM Makassar musim ini memang tercatat sejumlah pemain potensial, namun minim menit bermain lantaran ketatnya persaingan. Mulai posisi penjaga gawang hingga lini depan, PSM Makassar dihuni pemain-pemain muda potensial yang selalu siap dimainkan.

Pengamat sepakbola, Assegaf Razak berharap PSM melakukan rotasi kesempatan kepada pemain lain.

“Iya betul, kemungkinan kalau ada rotasi dan pemain-pemain muda yang belum pernah dimainkan sebaiknya dikasih kesempatan di laga ini,” kata Assegaf Razak.

Assegaf juga menyebut kemungkinan pelatih Bernardo Tavares akan mencoba melakukan hal tersebut. Dengan persentase starting line up diisi oleh 50 persen pemain muda dan sisanya diisi oleh para pemain yang memiliki pengalaman lebih.

“Kemungkinan kalau pelatih mau coba pemain-pemain muda yang belum pernah dicoba bisa 50 persen pemain muda dan 50 persen pemain senior,” ungkapnya.

Dia mengungkap harapannya agar posisi penjaga gawang yang selama ini dipercayakan kepada Reza Arya Pratama, agar diberikan kepada para kiper muda yang ada di dalam skuad.

“Dan penjaga gawang muda yang belum pernah dimainkan bisa dikasih kesempatan juga,” ujar dia.

Meski begitu, menghadapi PSIS Semarang skuad PSM Makassar patut waspada. Tim PSIS Semarang tengah mengusung misi kebangkitan apalagi bermain di markas sendiri.

Setelah rentetan 6 kekalahan beruntun, PSIS Semarang akhirnya sukses menyudahi tren buruk mereka pada pekan 32. Menjamu PSS Sleman, skuad PSIS Semarang mengamuk dengan skor 5-2. Hasil itu menjadi modal penting bagi PSIS Semarang menantang PSM Makassar.

Apalagi PSIS Semarang saat ini masih berkutat di papan bawah. Tepatnya, PSIS Semarang berada di posisi 13 dengan 38 poin.

Dengan sisa dua laga yang dimiliki, PSIS Semarang pastinya ingin memperbaiki posisi mereka di klasemen Liga 1. Minimal bisa menembus 10 di akhir musim.

Sementara itu, PSM Makassar kemungkinan mendapat keuntungan di dua sisa laga dan berpotensi meraup poin penuh.

Di laga pekan 33, misalnya, meski bertandang ke markas PSIS Semarang namun ada potensi pertandingan ini bakal tanpa penonton.

Sebabnya, pada laga pekan 32 saat PSIS menjamu PSS Sleman terjadi kerusuhan suporter, Minggu (2/4/2023) malam. Berkaca dari kejadian tersebut tentu sanksi menanti PSIS Semarang sebagai tim tuan rumah. Sanksi paling minimal diprediksi yakni PSIS bakal menjamu PSM Makassar tanpa penonton. Ataukah laga PSIS vs PSM Makassar akan dipindahkan di luar Semarang.

Meski demikian, hingga berita ini diturunkan belum ada informasi lebih lanjut terkait sanksi dari kerusuhan suporter di laga PSIS vs PSS di Stadion Jatidiri.

Sembari menunggu kepastian status laga PSIS vs PSM Makassar para suporter Juku Eja sudah merencanakan menginvasi Stadion Jatidiri.

Kelompok suporter PSM Makassar yang berbasis di Jabotabek yakni Gue PSM berencana memberikan dukungan langsung ke Wiljan Pluim Cs di Stadion Jatidiri. Ketua Gue PSM Rio Verieza mengatakan hingga kini tercatat sebanyak 105 orang sudah siap datang langsung ke laga PSIS vs PSM Makassar.

"Sudah ada 2 bus dan 4 mobil pribadi dan beberapa naik kereta akan berangkat ke Semarang," kata dia.

Menyikapi adanya kerusuhan suporter di laga PSIS vs PSS, Rio berharap tak ada sanksi tanpa penonton kala PSM Makassar bertandang di pekan 33. "Harapannya kami tetap ada penonton, karena teman-teman sudah prepare menuju Semarang," katanya. (fo)

  • Bagikan