Gubernur Sulsel Lepas Peserta Mudik Gratis

  • Bagikan
Gubernur Sulsel Lepas Peserta Mudik Gratis di Rujab Gubernur Sulsel, Kamis (20/4). (Abu/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melepas secara langsung program Mudik Gratis untuk mahasiswa dan masyarakat di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur, Kamis (20/4). Sebanyak 450 peserta dalam program ini.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, animo masyarakat tahun ini sangat tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, terjadi lonjakan pemudik sekitar 4,3 juta, tahun ini.

Oleh karena itu, kata Gubernur Sulsel itu, program mudik gratis yang sebelumnya dikhususkan untuk mahasiswa, kini juga diperuntukkan untuk masyarakat.

"Tadinya mudik gratis ini fokus ke mahasiswa. Tapi, begitu banyak desakan dari masyarakat untuk mendapatkan fasilitas mudik gratis juga dari pemerintah. Antusiasme masyarakat sulit di bendung," ujar Andi Sudirman.

Mudik gratis ini adalah program rutin Pemprov Sulsel untuk mengurangi volume kendaraan bermotor. Sebab, biasanya mahasiswa lebih memilih untuk pulang ke kampung halamannya menggunakan kendaraan roda dua. Hal ini diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

"Kami ingin Mahasiswa tidak perlu menggunakan motor. Dengan ini, tahun depan rencananya kalau bisa kita kerja sama dengan ekspedisi supaya bisa di angkut juga motornya, jadi tidak ada alasan lagi mudik pake motor. Tapi ini baru rencana," harapnya.

Diketahui, terjadi peningkatan 3 kali lipat pada peserta program mudik mudik gratis tahun ini. Namun, hal ini dapat dikendalikan dengan baik oleh Pemprov Sulsel bekerjasama dengan stekholder terkait.

"Angkutan udara juga ada kenaikan 350 persen hampir 4 kali lipat lonjakannya. Kami (Pemprov) meminta kesadaran pihak terkait untuk selalu standby di lapangan termasuk tim medis untuk menyiapkan pos-pos mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah menjelaskan sebelumnya Pemprov juga telah melepas 100 mahasiswa pada program mudik di gelombang pertama. Dengan tujuan Bulukumba dan Sinjai.

"Pada tanggal 17 kemarin, juga sudah kita berangkatkan 100 mahasiswa mudik," bebernya.

Adapun 6 kabupaten/kota yang menjadi tujuan mudik gratis kali ini yakni Lutim, Masamba, Palopo, Enrekang, Pare-Pare, Pinrang, Sidrap, Soppeng, dan Bone.

"Ada 14 armada yang diturunkan pada gelombang kedu ini. 7 unit damri dan 7 dari pemprov," jelasnya.

Sebelumnya, Dishub bersama Pelindo juga telah melepaskan peserta mudik gratis sebanyak 200 peserta dan Pt PLN 500 peserta yang terakomodir untuk pulang ke kampung halaman.

"Masyarakat ingin, mudik gratis ini tetap dipertahankan tahun depan," pungkasnya. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan