Ingin Nikmati Liburan Bersama Keluarga,Taman Wisata Puncak Bila Sidrap Bisa Jadi Pilihan

  • Bagikan

Memiliki Motto "Bersama Kami Liburan Anda Akan Terasa Lebih Seru dan Menyenangkan"

SIDRAP, RAKYATSULSEL - Taman Wisata Puncak Bila Sidrap atau yang lebih dikenal dengan Puncak Bila ini didirikan pada Tahun 2011. Lokasinya berada di Desa Bila Riase, sekitar 30 Kilo meter arah Timur Kota Sidrap. Dengan luas kawasan sekitar 57 Hektar, di dalamnya terdapat pula area persawahan, perkebunan jati dan peternakan sapi.

Taman Wisata ini menjadi pilihan berlibur bagi warga sekitar maupun dari luar Daerah. Bahkan, Puncak Bila kini menjelma menjadi wisata favorit masyarakat Sulawesi Selatan.

Konsep Wisata

Saat ini masyarakat Indonesia cenderung menyukai wisata yang memadukan alam dengan wahana modern. Demikian pula objek wisata ini dibangun dengan memadukan panorama alam dengan wisata modern.

Memasuki kawasan wisata ini, pengunjung langsung  disuguhkan dengan panorama alam yang indah dengan rimbunnya ribuan pohon jati yang tumbuh subur, membuat suasana sejuk dan asri.

Dengan lokasi yang strategis, lahan yang  luas terbuka hijau serta memiliki wahana menarik dan spot yang unik, membuat wisata ini semakin diminati pegunjung.

Fasilitas

Dengan lahan yang cukup luas dan panorama asri perbukitan pedesaan, membuat pengunjung dapat menikmati segarnya udara tanpa polusi.

Pengelola menyediakan fasilitas gazebo secara gratis sebagai tempat melepas lelah atau beristirahat sambil menikmati pemandangan alam sekelilingnya.

Selain itu, beberapa fasilitas lainnya seperti villa, aula, mushollah, kamar mandi, toilet, mini market, toko pusat ole-ole, foodpark, panggung hiburan dan area parkir yang luas.

Dengan fasilitas lengkap inilah, kawasan wisata ini menjadi pilihan oleh berbagai instansi, baik pemerintahan maupun swasta untuk melakukan kegiatan seperti acara family gathering, ulang tahun, reunian , syukuran, kopdar club mobil atau motor, berkemah, pelatihan, rapat, dan pertemuan lainnya.

Wahana

Taman ini memiliki berbagai wahana. Bagi pengunjung yang ingin berenang bisa mencoba waterboom yang  mengasikkan dan menikmati seluncuran bersama keluarga atau buah hati.

Selain itu, pengunjung juga bisa menantang adrenalin dengan menaiki  flyfing fox, menikmati pemandangan alam sambil meluncur dan wahana-wahana lainnya seperti sepeda air, bebek2, motor ATV, perahu atau kanoe boat yang bisa digunakan menjelajah danau. Bagi penikmati wahana extrim, Motorcross bisa menjadi pilihan yang tepat.

Daya Tarik Wisata

Salah satu daya tarik dari Taman Wisata Puncak Bila ini, selain memiliki wahana-wahana permainan yang menarik, juga memiliki nuansa pedesaan yang asri dan alami.

Pengunjung disuguhkan dengan beragam panorama alam yang mempesona, seperti pemandangan bukit, hutan jati, area persawahan yang luas, area peternakan sapi serta pemandangan danau yang memukau.

Dan salah satu hal yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke tempat ini, adalah berfoto di Sepeda Raksasa yang menjadi ikon utama, dimana sepeda tersebut memiliki panjang 17 meter dengan tinggi mencapai 9 meter yang menjadikannya sebagai sepeda raksasa dunia.

Selain itu, wisata ini juga memiliki banyak spot foto yang menawan dan instagramable lainnya,  seperti kursi raksasa, miniatur kincir belanda, kincir angin prancis, miniatur patung merlion singapura, miniatur tembok cina, patung Gorilla, Upin Ipin, patung teletubis dan spot menarik lainnya.

Tiket dan Jam Operasional

Harga tiket yang ditawarkan untuk menikmati objek wisata ini cukup terjangkau. Adapun harga tiket di weekdays dan weekend atau hari libur berbeda, untuk harga tiket di hari biasa Rp 25 ribu rupiah, sementara untuk akhir pekan dibandrol Rp 30 ribu rupiah.

Sedangkan Jam operasional dibuka mulai Pukul 08.00 hingga Pukul 17.30 berdasarkan waktu setempat. Anda bisa datang lebih awal jika ingin puas menjelajah tempat wisata unik satu ini.

Alamat dan Akses Transportasi

Taman Wisata ini terletak di Desa Bila Riase, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan. Jika anda melakukan perjalanan dari Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan, anda harus menempuh jarak +- 200 km.

Jaraknya tentu akan lebih dekat jika anda melakukan perjalanan dari Ibu kota Kabupaten Sidrap yakni hanya 30 km.

Berada dibagian Timur sidrap. Tentu saja perjalanan panjang anda akan terbayar lunas ketika mengunjungi objek wisata favorit masyarakat Sulsel ini.

Destinasi wisata dengan beragam wahana permainan yang cocok untuk mengisi liburan akhir pekan bersama keluarga. Jika anda kesulitan untuk menemukannya anda tak perlu khawatir karena anda hanya tinggal memanfaatkan smartphone anda.

Menggunakan GPS adalah cara yang mudah untuk mendapatkan petunjuk arah agar bisa menikmati taman wisata Puncak Bila ini. Apalagi akses juga telah memadai sehingga ada banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan.

Dapat ditempuh melalui jalur darat dari kota Makassar dengan menggunakan kendaraan umum berupa bus, mini bus, atau mobil angkutan umum jurusan palopo atau wajo.

Untuk diketahui, Taman Wisata Puncak Bila merupakan peraih penghargaan sebagai Pengelola Wisata Inovatif Tahun 2015, Destinasi Wisata Terbaik Berwawasan Lingkungan Sulawesi Selatan Tahun 2016 dan Kawasan Wisata Sehat Tahun 2018.

Sehingga, tidak diragukan lagi kalau Taman Wisata Puncak Bila menjadi Destinasi Wisata Terbaik Sulawesi Selatan. Nah, menyenangkan bukan? Bagi kalian yang merasa tertarik dengan tempat wisata ini, maka datang dan nikmati keseruannya bersama keluarga dan teman-teman kalian. (Rid)

  • Bagikan