Terapkan Merdeka belajar, Gubernur Sulsel Pesan Ini ke Siswa di Puncak Hardiknas

  • Bagikan
Upacara Hardiknas Lingkup Pemprov Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menggelar Upacara puncak Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat provinsi di halaman Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel, Senin (8/5).

Pada gelaran upacara tersebut Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memberikan amanat kepada guru dan para siswa, khususnya tingkat SMA sederajat.

Sudirman mengatakan, sekolah harus betul-betul menerapkan merdeka belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dengan harapan siswa dapat mendalami satu bidang.

"Tahu semuanya, metalurgi, bahan sama tahu listrik, tahu energi terbarukan, tahu (semuanya). Tapi begitu ditanya dalam salah satunya, kamu bidangnya apa saya konstruksi ditanya lah tentang konstruksi tidak terlalu dalam. Akhirnya apa? begitu kita keluar tidak bisa bersaing dengan yang di luar," tukas Sudirman, dalam sambutan pada upacara Senin (8/5/2023).

"Karena yang di luar sana mereka sejak belasan tahun sudah mendalami itu, tidak banyak kalau tahu dengan yang lain tapi begitu ditanya bidangnya sudah sangat luar biasa, sudah siap untuk bekerja ataupun menciptakan lapangan pekerjaan ini yang kurang dari kita," sambungnya.

Ia menuturkan, itu perlu dilakukan Karena dengan mampu memahami salah satu bidang, dan mempelajari lebih dalam itu bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

"Kita ibaratnya mobil, semuanya mau jadi satu mobil enggak bisa. Harus ada yang berfungsi setir, harus ada yang berfungsi mesin, harus ada yang berfungsi ban, harus ada yang fungsi casing, harus ada yang posisi lampu, harus ada yang berfungsi sebagai kontrol. Harus berbeda-beda," ungkapnya.

Gubernur Sulsel akrab dengan akronim andalan itu mengatakan, ilmu itu tidak bisa termanfaatkan jikalau tidak menguasai betul satu bidang.

"Di dunia industri tidak dapat memanfaatkan dengan baik di bidangnya, akhirnya pas selesai (lulus), kamu dari mana saya teknik mesin, sekarang jadi apa? saya adalah pelaksana untuk perikanan, jauh orang perikanan ke mana lari ke perbankan," pungkasnya. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan