Mengenal Apa Itu e-Commerce B2B dan Contohnya di Indonesia

  • Bagikan
ilustrasi

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Kamu mungkin sudah familiar kan dengan e-commerce? Namun apakah kamu sudah tahu bahwa di dalam e-commerce masih terbagi ke dalam beberapa bagian. E-commerce yang sering kamu gunakan untuk menjual produk atau membelinya kini memiliki model bisnis B2C.

Selain itu, ada juga Business to Government (B2G), Business to Business (B2B), Consumer to Consumer (C2C), dan lain – lain. Salah satu jenis bisnis online yang perlu diketahui yaitu e-commerce B2B. Memang ada banyak jenis bisnis online lainnya, namun untuk B2B business to business ini memang cukup banyak diterapkan pada beberapa perusahaan. Termasuk juga di Indonesia, dimana banyak pelaku bisnis yang sudah melakukannya.

Ayo kita kenali lebih jauh apa itu ecommerce b2b indonesia dan contohnya!

Pengertian Perusahaan e-Commerce B2B
Perusahaan e-Commerce B2B merupakan sebuah perusahaan yang menjual produk berupa barang atau jasa ke perusahaan lainnya. Jauh berbeda dengan bisnis B2C (Business to Consumer) atau bisnis C2C (Consumer to Consumer), dimana perusahaan tersebut menawarkan produknya ke konsumen individu maupun perorangan.

Contoh e-Commerce B2B Di Indonesia

Kawan Lama
PT Kawan Lama Sejahtera merupakan sebuah perusahaan distribusi terkemuka yang ada di Indonesia dengan cakupan peralatan serta mesin industri terluas. Perusahaan e-commerce B2B ini sudah berpengalaman lebih dari 50 tahun dan memiliki cabang di lebih dari 19 cabang di seluruh negeri.

PT Kawan Lama Sejahtera adalah salah satu contoh e-commerce B2B di Indonesia yang masih satu rumpun dengan Ace Hardware dan Informa. Kawan Lama sangat terkenal sebagai perusahaan supplier kebutuhan industri perkantoran serta berbagai macam peralatan teknik.

Blibli
e-Commerce B2B di Indonesia selanjutnya adalah Blibli. Perusahaan ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang sedang mengembangkan bisnis di bidang industri karena blibli menyediakan berbagai jenis kebutuhan perusahaan.

AXIQoe
Berikutnya ada perusahaan yang bernama AXIQoe yang menawarkan berbagai macam jenis kebutuhan elektronik kantor mulai dari komputer (desktop pc), laptop, mesin fotocopy, printer, scanner, dan lain sebagainya.

  • Bagikan