Bawaslu Makassar Temukan Ratusan Pemilih Ganda

  • Bagikan
Bawaslu

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar menemukan data potensi ganda dan kini telah diserahkan ke KPU untuk saran perbaikan.

Komisioner KPU Makassar, Sri Wahyuningsih mengatakan jika pihaknya menemukan 556 potensi ganda yang tersebar di 15 Kecamatan. "Ada kesamaan nama, alamat, usia baik dalam satu TPS maupun lintas TPS yang pasti masih dalam kecamatan yang sama," kata Sri, Rabu (24/5).

Dirinya juga menemukan satu data ganda lintas kecamatan. "Semua ini sudah kita serahkan kepada KPU Makassar sebagai sarana perbaikan," singkatnya.

Koordinator Divisi Data KPU Sulsel, Uslimin mengatakan pihaknya belum bisa membeberkan jumlah data ganda yang ditemukan. Pasalnya, data itu masih berproses di kabupaten kota.

"Nanti setelah penetapan DPSHP akhir baru disampaikan ke publik," dalih Uslimin.

Saat ini kata dia, masih tahapan menerima tanggapan dan masukan masyarakat terhadap DPSHP yang telah diumumkan. Baik menyangkut pemilih baru yang belum masuk DPSHP, pemilih ubah data, dan pemilih dalam DPSHP yang tidak lagi memenuhi syarat karena meninggal.

"Kemudian tercatat di lebih dari satu TPS (ganda), di bawah umur tetapi belum menikah, pindah domisili, TNI, dan Polri," ungkapnya. (Fahrul/B).

  • Bagikan