110 Nama Calon Anggota KPU Segera Dikirim ke Pusat

  • Bagikan
Ketua KPU dapat Peringatan Keras, Ketua Komisi II: Makanya Jangan Sembrono

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan uji fit and proper test terhadap calon anggota KPU kabupaten/kota di 11 daerah.

Fit and Proper test dilakukan mulai 3 hingga 7 Juni 2023 dan hasilnya akan dikirim ke KPU RI untuk menentukan lima nama pada masing-masing daerah.

"Setelah tim seleksi (Timsel) melakukan seleksi hingga 10 nama (setiap daerah). Kita KPU Provinsi melakukan fit and proper test. Ada 110 peserta yang kami uji. Hari ini (kemarin) kami pleno hasil," ungkap Komisioner KPU Sulsel, Romi Harminto saat ditemui di Hotel Mercure Makassar, Selasa (6/6/2023).

Dirinya menjelaskan, banyak penilaian terkait uji kepatutan dan kelayakan calon komisioner tersebut. Mulai dari soal kepemiluan, latar belakang pendidikan, kemampuan bekerja sama secara tim, dan kolektif kolegial.

"Jadi, penekanan uji kelayakan ini bukan pada sejauh mana pengetahuan mereka, tetapi seperti apa kesiapannya, bagaimana ketika terpilih apakah sudah siap bekerja tim," beber Romi.

Dia menjelaskan, hasil penilaian akan diakumulasi dengan penjurian timsel, lalu dikirim bersamaan ke KPU RI untuk melakukan penilaian dan menentukan 5 nama yang terpilih.

"Kan sekarang ini 10 nama tiap daerah. Nanti kami kirim semua namanya itu tanggal 8 Juni, dan penilaian akan ditentukan oleh KPU RI. Dari akumulasi pemberkasan, CAT, serta ujian psikologinya. Kemudian akan terpilih lima nama menjadi komisioner KPU daerah yang baru," terang Romi.

Sementara itu, salah satu Anggota Timsel Zona I, Alem Febri Sonni menyampaikan bahwa sejak awal tahapan pihaknya sudah bekerja sesuai prosedur yang berlaku.

Dia bilang, setiap tahapan hingga pada tahap akhir sebelum penentuan 10 besar. Timsel telah membuka ruang untuk publik yakni masyarakat umum dan di daerah tersebut menyampaikan tanggapan dan masukan ihwal rekam jejak calon komisioner KPU.

"Kami sudah kerja sesuai tahapan. Ada rentang waktu kita minta tanggapan masyarakat. Bahkan rekam jejak calon untuk penentuan 10 besar," jelasnya, secara singkat.

Adapun 11 daerah yang diseleksi calon KPU, yaitu zona Sulsel I meliputi Kabupaten Bone, Gowa, Bulukumba, Barru, Luwu Utara dan Luwu Timur.

Sedangkan Zona Sulsel II melingkupi Maros, Pangkep, Soppeng, Tana Toraja, Toraja Utara. (Suryadi/B)

  • Bagikan