Hari Raya Idul Adha 1444 H, Erna Rasyid Taufan Ulas Manfaat Berkurban

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Tidak hanya sekedar merayakan Hari Raya Idul Adha, namun lebih dari itu berkurban bagi yang mampu memiliki manfaat yang luar biasa bahi muslim.

Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare yang diketahui berlatar belakang Dai’ah ini, manfaat berkurban tidak didapatkan pada jenis ibadah lainnya.

Meski demikian, Pembina Forum Kajian Cinta Alquran (FKCA) Parepare menerangkan, menyembelih hewan kurban hukumnya sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi. Namun jangan sampai memaksakan diri.

Ia pun memperkuat argumentasinya dengan mengutip surah Al Hajj ayat 34. “Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan menyembelih kurban supaya mereka menyebut nama Allah SWT terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa karena itu berserahdirilah kamu kepadaNya . Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada Allah,” kutip Erna, sapaan karib Ketua BKMT ini usai melaksanakan salat Idul Adha bersama keluarga dan masyarakat Parepare di lapangan Andi Makkasau, Kota Parepare, Kamis, (29/6/2023).

Tidak hanya itu, pemimpin segudang organisasi sosial kemasyarakatan ini juga mengutip surah Al-Kautsar tentang pentingnya menunaikan salat Idul Adha dan berkurban. “Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri pada Allah),” bunyi surah Al Kautsar ayat 2 yang dikutip Ketua Lazismu Parepare ini.

Erna juga menguraikan, manfaat berkurban adalah hal luar biasa, yaitu menumbuhkan kepedulian terhadap sesama, memperkuat kecintaan kita kepada Allah SWT, sebagai bekal “pulang kampung”, mendapatkan ampunan dari Allah SWT, mensucikan harta, dan mempererat hubungan silaturahmi.

Diketahui, bertindak sebagai khatib pada pelaksanaan salat Idul Adha di Lapangan Andi Makkasau ini yaitu Dr H. Andi Muhammad Akmal, S.Ag., M.HI (Dosen Fak. Syariah UIN Alauddin Makassar) sedangkan Imam yakni Muhammad Rival, S.Kom.I. (Imam Mesjid Terapung B.J Habibie). (*)

  • Bagikan